Sabtu, 09 Juni 2012

Keutamaan sabar atas perilaku buruk istri

Para istri memperoleh hak dari suaminya amat banyak; diantaranya berbuat baik, tabah menerima gangguan sebagai rasa kasih sayang mereka, sebab mereka amat terbatas akalnya. Allah SWT berfirman:
"Dan bergaullah dengan mereka secara patut,,, (QS.4 An Nisa:19)".
Firman-Nya menerangkan besarnya hak mereka:
"Dan mereka (istri-istrimu) telah mengambil darimu perjanjian yang kuat,,, (QS.4 An Nisa:21)".
Firman-Nya:
"Dan (istrimu sebagai) teman sejawat). (QS.An Nisa:36)".

Dia adalah wanita. Dan wasiat Rasulullah SAW yang terakhir ada 3 hal: beliau SAW menjelaskan sampai-sampai lidahnya terbata-bata dan nyaris tak terdengar. Sabdanya;

  1. Shalat: Peliharalah shalat dan apa-apa yang menjadi tanggung jawabmu, janganlah kamu memaksa mereka terhadap sesuatu yang mereka tidak mampu.
  2. Allah: Tanggung jawabmu akan wanita terhadap Allah, sebab mereka adalah tawananmu. Kamu mengambilnya berdasarkan amanah Allah, dimana halal farji-nya dengan lafadz Allah.
Nabi SAW bersabda:
"Barangsiapa yang bersabar atas jelek budi pekerti istrinya, Allah akan memberikan pahala setiap pahala yang diberikan kepada Ayyub. Dan barangsiapa yang sabar atas jeleknya budi pekerti suaminya, Allah akan memberikan pahala seperti pahalanya Aisyah istri Fir'aun".


Nabi SAW bersabda:
"Seorang mukmin yang paling sempurna imannya ialah yang paling bagus budi pekertinya dan paling sayang terhadap keluarganya (istri dan anak)".


Nabi SAW bersabda:
"Orang yang paling utama diantara kamu ialah yang paling baik terhadap istrinya, dan aku adalah orang yang paling baik diantara istri-istriku dibanding kalian'.
Umar RA berkata dengan keras:
"Sebaiknya seorang lelaki ketika dalam keluarganya seperti anak kecil, dan bila mereka minta apa yang ada disampingnya, dia ditemukan sebagai seorang lelaki".

Dalam cerita yang terdapat dalam kitab al-kaba'ir terdapat hikmahnya sbb:

وحكي أن بعض الصالحين كان له أخ في الله وكان من الصالحين يزوره في كل سنة مرة فجاء لزيارته فطرق الباب فقالت امرأته: من فقال: أخو زوجك في الله جئت لزيارته فقالت: راح يحتطب لا رده الله ولا سلمه وفعل به وفعل وجعلت تذمذم عليه فبينما هو واقف على الباب وإذا بأخيه قد أقبل من نحو الجبل وقد حمل حزمة الحطب على ظهر أسد وهو يسوقه بين يديه فجاء فسلم على أخيه ورحب به ودخل المنزل وأدخل الحطب وقال للأسد: اذهب بارك الله فيك ثم أدخل أخاه والمرأة على حالها تذمذم وتأخذ بلسانها وزوجها لا يرد عليها فأكل مع أخيه شيئاً ثم ودعه وانصرف وهو متعجب من صبر أخيه على تلك المرأة. قال: فلما كان العام الثاني جاء أخوه لزيارته على عادته فطرق الباب فقالت: امرأته من بالباب قال أخو زوجك فلان في الله فقالت: مرحباً بك وأهلاً وسهلاً اجلس فإنه سيأتي إن شاء الله بخير وعافية. قال فتعجب من لطف كلامها وأدبها إذ جاء أخوه وهو يحمل الحطب على ظهره فتعجب أيضاً لذلك فجاء فسلم عليه ودخل الدار وأدخله وأحضرت المرأة طعاماً لهما وجعلت تدعو لهما بكلام لطيف فلما أراد أن يفارقه قال: يا أخي أخبرني عما أريد أن أسألك عنه. قال وما هو يا أخي قال: عام أول أتيتك فسمعت كلام امرأة بذيئة اللسان قليلة الأدب تذم كثيراً ورأيتك قد أتيت من نحو الجبل والحطب على ظهر الأسد وهو مسخر بين يديك ورأيت العام كلام المرأة لطيفاً لا تذمذم ورأيتك قد أتيت بالحطب على ظهرك فما السبب قال يا أخي: توفيت تلك المرأة الشرسة وكنت صابراً على خلقها وما يبدو منها كنت معها في تعب وأنا أحتملها فكان الله قد سخر لي الأسد الذي رأيت يحمل عني الحطب بصبري عليها واحتمالي لها فلما توفيت تزوجت هذه المرأة الصالحة وأنا في راحة معها فانقطع عني الأسد فاحتجت أن أحمل الحطب على ظهري لأجل راحتي مع هذه المرأة المباركة الطائعة فنسأل الله أن يرزقنا الصبر على ما يحب ويرضى إنه جواد كريم.


Pada zaman dahulu ada seorang saleh yang mempunyai saudara yang saleh juga di lain tempat yang berjauhan. Maka, berziarah pada saudaranya tiap tahun sekali, dan pada suatu hari ketika ia berziarah ke rumah saudaranya dan mengetuk pintu rumahnya, ditanya oleh istri saudaranya, “Siapa?”
Jawabnya, “Iparmu/sudara dari suamimu, datang untuk sambaing.”
Istri saudaranya itu berkata, “Ia masih pergi mencari kayu, semoga tidak dikembalikan oleh Allah.”
Lalu, ia memaki-makinya.
Kemudian tidak lama datanglah saudaranya itu mendapat seikat kayu yang dipikulkan pada harimau, ia berkata pada harimau itu:
“Pergilah, semoga Allah memberkahi kamu.”
Kemudian dipersilahkan saudaranya untuk masuk ke rumah, sedang istrinya terus memaki-maki padanya, tetapi tidak dijawab walau sepatah kata pun, sehingga dihidangkan makanan dan makan bersama saudaranya. Setelah itu ia minta izin untuk kembali dan tidak henti-hentinya memikirkan tentang kesabaran saudaranya terhadap istrinya yang sedemikian itu.
Kemudian di lain tahun datang kembali saudaranya itu, dan ketika sampi di rumah dan mengetuk pintu, ditanya oleh istrinya, “Siapa?”
Jawabnya, “Aku saudara suamimu datang untuk sambang.”
Maka disambut oleh istrinya, “Selamat datang,” dan dipersilahkan untuk menunggu suaminya yang sedang mencari kayu dan dipuji-puji kebaikan suaminya itu, maka tidak lama kemudian datanglah suaminya memikul kayu di atas punggungnya, kemudian kepada saudaranya yang datang sambaing itu dipersilahkan masuk, dan sesudah makan bersama ia bertanya tentang hal dahulu ketika itu harimau membawa kayuya, dan kini kayu terpaksa dipikulnya sendir.
Jawabnya, “Hai saudaraku, istriku yang cerewet dahulu itu telah meninggal dunia, dan karena saya sabar atas kecerewetannya, Allah mendatangkan harimau untuk membantuku dalam mencari kayu, kemudian ketika aku telah diganti oleh Tuhan dengan istri yang baik budi ini, sudah tidak ada lagi harimau itu. Kini terpaksa aku harus memikulnya sendiri kayuku itu.”



Bersabarlah para suami seperti Nabi yunus menghadapi istrinya. Imam Ghazali dalam Ihya'nya bercerita:
 وفي أخبار الأنبياء عليهم السلام أن قوماً دخلوا على يونس عليه السلام فأضافهم، فكان يدخل ويخرج إلى منزله فتؤذيه امرأته وتستطيل عليه وهو ساكت، فتعجبوا من ذلك فقال: لا تعجبوا فإني سألت الله تعالى وقلت: ما أنت معاقب لي به في الآخرة فعجله لي في الدنيا، فقال: إن عقوبتك بنت فلان، تتزوج بها، فتزوجت بها وأنا صابر على ما ترون منها 

Tidak ada komentar: