Kamis, 10 November 2011

Akhirnya Maktabah Syamilah Bisa Masuk HP Android

Sejak mengenal Program Maktabah Syamilah sekitar 7 Tahun lalu, Saya sangat gembira sekali. Bahkan saya menggunakan program tersebut dalam laptop setiap pengajian di pondok, Tafsir, Ihya dan Asybah wan Nadhoir. Mudah praktis dan cepat.


3 Tahun yang lalu ketika saya mempunyai NOkia E90 Communicator saya sangat berandai-andai jika Maktabah Syamilah bisa masuk HPku saat itu. Namun setelah tanya sana sini tidak ada hasil.



1 Bulan yg lalu saya berencana membeli galaxi tab dan berandai-andai bisa di install Maktabah Syamilah, namun setelah di toko pilihan saya jatuh ke DELL STREAK dengan pertimbangan lebih mudah untuk dibawa karena ukuran 5 Inc bisa masuk kantong. Ketika saya tanya ke pelayan toko ia menjawab semua android gak bisa di bahasa arabkan. Namun saya tidak percaya, dalam hati berkata: hari gini masih belum ada bahasa arab? Mustahil ah....Dengan Mengucap bismillah akhirnya saya membelinya.

Mulailah saya tanya teman2 di konter HP,dapat rekom kesana kemari untuk sekedar membahasa arabkan android sebagai prasyarat Maktabah Syamilah. Ternyata NIHIL....
Karena sudah menthook...akhirnya saya usaha sendiri browsing di HP dan di internet...dan setelah berselancar ke berbagai tempat yg melelahkan serta trial and error....akhirnya Maktabah Syamilah bisa masuk ke HP ANDROID ku dengan sempurna dengan mudah tanpa harus membahasa arabkan HPnya....Saya bersujud syukur karena mendapatkan anugerah yang luar biasa.....Alhamdulillah...saya bisa belajar dimanapun...kapanpun...dengan ANDROIDku....



Jika ada yg kesulitan mengenai Maktabah Syamilah On ANDROID, saya siap bantu...SMS Aja dulu ke HPku  08383.46.55444

Sekilas Program
Maktabah Syamilah / Shamela di Android:
MENU UTAMA
1. Memilih KItab
2. Download/Menambah Koleksi kitab dari Internet
3. Keterangan
4. Link Market
5. Bacaan Kitab Terakhir

MENU MEMILIH KITAB:
1. Kolom Kategori Kitab, Misalnya Tafsir, FIkih dll (Tinggal Pilih)
2. Kolom Nama Kitab, Misalnya Tafsir Ibn Kasir, Kitab Majmu' dll (Tinggal Pilih)
3. Tombol TAmpilkan Utk Membuka kitab yg dikehendaki

TOMBOL = MENU DALAM KITAB
1. Pencarian (Ibarat)/ Teks dalam satu kitab
2. Background / Utk mengganti warna sesuai selera
3. Khot / Macam Font. Tersedia 5 Macam Font
4. Penggantian Kecerahan Layar dan Warna untuk disesuaikan . Ada dua Modus: Pagi/Malam
5. Halaman Awal / Home

Tombol OPTION
1. Merubah arah layar.Berdiri/Menyamping
2. Aktif/Mati : Modus Memperbesar tulisan kitab
3. Menampilkan TOMBOL/tidak (JADI FULL SCREEN)
4. Memperlambat Gerak Teks (Pada No.6)
5. Mempercepat Gerak Teks (Pada No.6)
6. Aktif/OFF : Menjalankan Teks (Bisa keatas otomatis perlahan sesuai selera)


KEKURANGAN:
Tidak ada menu Search Global/ Semua kitab
Tidak ada menu Search tipe 2 kata terpisah
Tidak semua kitab yg didownload bisa langsung dibuka, Kasus File Besar seperti Tafsir Ibn Kasir Harus harus di split dulu

ALA KULLI HAAL: Mantab Abizzz....Seperti membawa PERPUS kemana2....



Alhamdulillah awal tahun kemaren, Saya juga beli GALAXY TAB 7 inc. Saya install maktabah syamilah dan sukses. Ternyata galaxy tab sudah support font arabic untuk file seperti microsoft word yg kita ketik di komputer bisa langsung dibaca di galaxy tab. lebih mudah. Kalo pake HP Dell diatas tulisan arabnya bisa pisah-pisah namun tetap bisa dibaca. Untuk trik ketikan word dan ingin dibaca di DELL maka harus di konversi ke PDF dulu baru bisa, itupun harus diingat bahwa font arabnya harus pake font times new roman. Kalo pake font lain maka menjadi kotak-kotak. Semoga bermanfaat....






6 komentar:

عبد الشكور ابن ناسوكي mengatakan...

alhamdulillah, saya juga pengguna maktabah syamilah karena lebih praktis dibuat mutholaah n ngajar, tadi sebelum jum'at saya sama seorang teman main2 k toko untuk cari tablet tpi ternyata setelah di toko niat kami terpaksa diurungkan karena kami takut tablet yg kami beli tidak suport untuk maktabah syamilah, kami ptuskan sebelum membeli tablet android kami mau cari informasi terlebih dulu adakah maktabah syamilah yg didesain khusus buat Android, ternyata alhamdulillah ba'da jum'at kami browsing dan kami mendapatkan jawaban yang memuaskan. jazakallah ahsanal jaza'

gusfathulbari mengatakan...

alhamdulillah, mudah2an bisa..kalo ada kesulitan installl maktabah syamilah bisa SMS ke No Hp saya...

Azmat Maula mengatakan...

selain galaxi Tab, bisa gak ?? misal Smartfren android/mito/atau lainnya ? di tunggu balasannya...

Anonim mengatakan...

saya pake new andromax tab 7 bisa

syafi bintang laut mengatakan...

kenapa gak sekalian di letak kan dlam sebuah file suapaya bisa d download secara manual dr opmin ato browser lainnya, kan cuma 1,5mb

Anonim mengatakan...

Hp reno 5 bisa kah?