Jumat, 04 Desember 2009

ADAB MEMBACA AL-QUR'AN

Al-Qur'an adalah kitab yang mulya yang harus kita mulyakan, sehingga membacanyapun harus dengan tatakrama /adab. Dalam kitab Al-itqan karya Al-imam Jalaluddin assuyuti Juz I hal 123, disebutkan beberapa masalah tentang adab membaca Al-Qur'an yang secara garis besar adalah sbb:
يستحب الوضوء لقراءة القرآن لأنه أفضل الإذكار

1. Disunnahkan berwudlu untuk membaca Al-Qur'an, karena Al-Qur'an adlah sebaik-baik dzikir
تسن القراءة في مكان نظيف وأفضله المسجد.
2. Disunahkan membaca Al-Qur'an di tempat yang bersih, Lebih afdolnya di masjid.
يستحب أن يجلس مستقبلاً متخشعاً بسكينة ووقار
3. Disunahkan membaca Al-Qur'an dengan duduk menghadap kiblat, penuh khusyu dan tenang serta penuh wibawa
يسن أن يستاك تعظيماً وتطهيراً
4. Sunnah bersiwak untuk membaca Al-Qur'an dengan tujuan mengagungkan al-qur'an dan mensucikan mulut sebagai sarana keluarnya bacaan al-Qur'an.
يسن التعوذ قبل القراءة، قال تعالى - فإذا قرأت القرآن فاستعذ بالله من الشيطان الرجيم - أي أردت قراءته.
5. sebelum membaca Al-Qur'an, disunahkan membaca ta'awwudz,( a'udzu billahhiminsyaitonirrojim), Allah berfirman : Jika engkau henda membaca Al-Quran maka mohonlah perlindungan kepada Allah dari tipu daya syaiton yang di rajam
يسن الترتيل في قراءة القرآن، قال تعالى - ورتل القرآن ترتيلا
6. Disunahkan membaca Al-Qur'an dengan tartil, sesuai dengan firman Alloh dalam surat (73) Al-muzammil ayat 4
وتسن القراءة بالتدبر والتفهم فهوالمقصود الأعظم والمطلوب الأهم، وبه تنشرح الصدر ووتستنير القلوب، قال تعالى - كتاب أنزلناه إليك مبارك ليدبروا آياته .
7. Disunnahkan membaca al-quran dengan Tadabbur, Memahami maknanya, yang mana hal itu merupakan tujuan utama dan dengan tadabbur tadi dada menjadi lapang dan hati menjadi terang.

يسن تحسين الصوت بالقراءة وتزيينها لحديث ابن حبان وغيره زينوا القرآن بأصواتكم.
9. Disunahkan membaca Al-Qur'an dengan suara yang lebih merdu dan baik karena hadits yang di riwatkan oleh ibnu hibban dll yang artinya hiasilah Al-Qur'an dengan suaramu yang indah
القراءة في المصحف أفضل من القراءة من حفظه، لأن النظر فيه عبادة مطلوبة. ....أخرجه الطبراني والبيهقي في الشعب من حديث أوس الثقفي مرفوعاً قراءة الرجل في غير المصحف ألف درجة، وقراءته في المصحف تضاعف ألفي درجة. وأخرج أبو عبيد بسند صحيح فضل قراءة القرآن نظراً على ما يقرؤه ظاهراً كفضل الفريضة على النافلة.
10. Lebih afdhol membaca al-Quran (langsung melihat) ke mushaf dari pada membaca dengan hapalan. Karena melihat mushaf (tulisan al-qur'an) adalah ibadah yang diperintah. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh attobroni dan albaihaqi dalam kita Syuabil Iman dari aws as-saqafi berupa hadis marfu" Bacaan qur'an seseorang tanpa (melihat) mushaf adalah (berpahala) 1000 derajat. Bacaan qur'an seseorang dengan (melihat) mushaf adalah dilipatgandakan (pahalanya) 2000 derajat". Dalam hadits yang tahkrij oleh abu ubaid dengan sanad shohih " keutamaan membaca qur'an dengan melihat mushaf dibanding dengan tanpa melihat mushaf adalah seperti keutamaan ibadah fardu (yang lebih mulia) diatas ibadah sunnah".


Tidak ada komentar: