Jumat, 04 Desember 2009

SHOLAT HAJAT

Diriwayatkan dari Abdullah bin abi awfa al-aslamy suatu saat Rasul saw keluar menemui kami dan beliau bersabda :
مَنْ كَانَتْ لَهُ حَاجَةٌ إِلَى اللَّهِ أَوْ إِلَى أَحَدٍ مِنْ خَلْقِهِ فَلْيَتَوَضَّأْ وَلْيُصَلِّ رَكْعَتَيْنِ
Barangsiapa yang memunyai kebutuhan (hajat) kepada Allah atau salah seorang manusia dari anak cucu adam, maka wudhulah dengan sebaik-baik wudhu. Kemudian sholat dua rakaat (sholat Hajat),

lalu memuji kepada Allah, mengucapkan salawat kepada Nabi saw. Setelah itu ucapkanlah :
لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ الْحَلِيمُ الْكَرِيمُ سُبْحَانَ اللَّهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مُوجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ أَسْأَلُكَ أَلَّا تَدَعَ لِي ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ وَلَا هَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلَّا قَضَيْتَهَا لِي
Kemudian mohonlah kepada Allah, apa saja yang dikehendaki, baik urusan dunia maupun akhirat maka sesungguhnya permintaannya akan dipenuhi oleh Allah SWT. (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)
Sholat Hajat adalah sholat sunnah yang dilakukan karena adanya suatu hajat, keinginan atau keperluan tertentu, baik keperluan yang berhubungan dengan duniawi ataupun ukhrawi. Sholat adalah doa. Ketika seseorang ingin keinginannya dikabulkan oleh Allah swt, maka ia sholat dan berdoa. Sholat Hajat adalah sholat sunnah yang lebih dikhususkan untuk memohon kepada Allah swt agar dikabulkan segala hajat. Allah swt berfirman,
وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلاةِ
“Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat.” (QS. Al Baqarah:45)
Dalam menyempurnakan ikhtiar yang dimaksudkan untuk mencapai suatu keinginan, Insya Allah dengan melakukan sholat Hajat Allah akan mengabulkan doa dan keinginan tersebut. Doa, usaha, ikhtiar, dan tawakal adalah kewajiban umat muslim dalam menyikapi banyaknya tuntutan hidup di dunia. Dalam surat Al Baqarah:45 di atas, selain sholat kita diperintahkan juga untuk sabar. Oleh karena itu, sholat Hajat dan memohon kepada Allah dapat kita lakukan setiap hari dengan khusyuk serta tanpa rasa bosan bila keinginan itu belum dikabulkan.
Rasulullah saw bersabda, “Siapa yang berwudhu dan sempurna wudhunya, kemudian sholat dua rakaat (Sholat Hajat) dan sempurna rakaatnya maka Allah berikan apa yang ia pinta cepat atau lambat.” (HR Ahmad)
Waktu untuk melakukan sholat Hajat tidak tertentu, namun tidak diperbolehkan mengerjakan sholat Hajat pada waktu yang dilarang seperti setelah sholat Ashar dan setelah sholat Subuh. Sholat Hajat dilakukan sendiri, tidak berjamaah. Banyaknya rakaat dalam sholat Hajat yaitu minimal dua rakaat dan maksimal sebanyak dua belas rakaat dengan setiap dua rakaat sekali salam dan seterusnya.








TATA CARA
Shalat Hajat Sebelum Pembacaan Surat Waqiah


Setelah anda berwudlu dan menghadap kiblat, Lakukan Sholat Hajat Sebanyak 4 Rekaat dengan 2 Kali Salam Sebagaimana berikut :

Takbiratul ihrom dg niat Sholat sunnah hajat
Roka’at Ke 1 : Al-Fatihah, Al-Ikhlas 10 x
Roka’at Ke 2 : Al-Fatihah, Al-Ikhlas 20 x
(Salam)

Takbiratul ihrom lagi dg niat Sholat sunnah hajat
Roka’at Ke 1 : Al-Fatihah, Al-Ikhlas 30 x
Roka’at Ke 2 : Al-Fatihah, Al-Ikhlas 40 x (Salam)
(Salam)

Lalu Membaca Doa Sholat Hajat.


Tidak ada komentar: