Minggu, 02 Desember 2012

Arsip Status dan Sharing Awal Des 12


almurtadlo> orang yang cerdas dia tidak memikir hari ini tapi juga esok hari, ia akan selalu memikirkan masa depan, jangka panjang. Ketahuilah dengan demikian, orang mukmin adalah orang yang paling cerdas, sebab ia tidak hanya berhenti bepikir untuk dunia tapi lebih dari itu untuk urusan akhiratnya. Nabi SAW:الْكَيِّسُ مَنْ دَانَ نَفْسَهُ وَعَمِلَ لِمَا بَعْدَ الْمَوْتِOrang yang cerdas ialah 

orang yang mengendalikan dirinya dan bekerja untuk kehidupan setelah kematian.
[HR. at-Tirmidzi]


عَنِ ابْنِ عُمَرَ رض قَالَ: اَتَيْتُ النَّبِيَّ ص عَاشِرَ عَشْرَةٍ فَقَامَ رَجُلٌ مِنَ اْلاَنْصَارِ فَقَالَ: يَا نَبِيَّ اللهِ، مَنْ اَكْيَسُ النَّاسِ وَ اَحْزَمُ النَّاسِ؟ قَالَ: اَكْثَرُهُمْ ذِكْرًا لِلْمَوْتِ، وَ اَكْثَرُهُمْ اِسْتِعْدَادًا لِلْمَوْتِ، اُولئِكَ اْلاَكْيَاسُ ذَهَبُوْا بِشَرَفِ الدُّنْيَا وَ كَرَامَةِ اْلآخِرَةِ. ابن ابى الدنيا فى كتاب الموت و التطبرانى فى الصغير باسناد حسن، و البيهقى فى الزهد، و لفظه: اَنَّ رَجُلاً قَالَ لِلنَّبِيِّ ص: أَيُّ اْلمُؤْمِنِيْنَ اَفْضَلُ؟ قَالَ: اَحْسَنُهُمْ خُلُقًا. قَالَ: فَاَيُّ اْلمُؤْمِنِيْن اَكْيَسُ؟ قَالَ: اَكْثَرُهُمْ لِلْمَوْتِ ذِكْرًا، وَ اَحْسَنُهُمْ لِمَا بَعْدَهُ اِسْتِعْدَادًا، اُولئِكَ اْلاَكْيَاسُ

Dari Ibnu ‘Umar RA ia berkata : Saya datang kepada Nabi SAW, kami serombongan sebanyak sepuluh orang. Kemudian ada seorang laki-laki Anshar bertanya, “Wahai Nabiyallah, siapa orang yang paling cerdas dan paling teguh diantara manusia ?”. Nabi SAW bersabda, “Orang yang paling banyak mengingat mati diantara mereka dan orang yang paling banyak mempersiapkan bekal untuk mati. Mereka itulah orang-orang yang cerdas, mereka pergi dengan membawa kemulyaan dunia dan kemulyaan akhirat”.
[HR. Ibnu Abid-Dunya di dalam kitabul-Maut. Thabrani di dalam Ash-Shaghir]

Jangan jadi orang yang lemah lagi bodoh ataupun bergaul dengannya. Siapa orang yg bodoh itu: Rasul bersabda:
الْكَيِّسُ مَنْ دَانَ نَفْسَهُ وَعَمِلَ لِمَا بَعْدَ الْمَوْتِ وَالْعَاجِزُ مَنْ أَتْبَعَ نَفْسَهُ هَوَاهَا وَتَمَنَّى عَلَى اللَّهِ
“Orang yang cerdas adalah mereka yang mampu menahan hawa nafsunya dan beramal (berbekal) untuk kehidupan setelah mati. Orang yang bodoh adalah mereka yang mengumbar hawa nafsunya dan berangan-angan kepada Allah (diampuni dosa-dosanya).” (HR. At-Tirmidzi)
[HR. at-Tirmidzi]
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رض قَالَ: اَتَيْتُ النَّبِيَّ ص عَاشِرَ عَشْرَةٍ فَقَامَ رَجُلٌ مِنَ اْلاَنْصَارِ فَقَالَ: يَا نَبِيَّ اللهِ، مَنْ اَكْيَسُ النَّاسِ وَ اَحْزَمُ النَّاسِ؟ قَالَ: اَكْثَرُهُمْ ذِكْرًا لِلْمَوْتِ، وَ اَكْثَرُهُمْ اِسْتِعْدَادًا لِلْمَوْتِ، اُولئِكَ اْلاَكْيَاسُ ذَهَبُوْا بِشَرَفِ الدُّنْيَا وَ كَرَامَةِ اْلآخِرَةِ. ابن ابى الدنيا فى كتاب الموت و التطبرانى فى الصغير باسناد حسن، و البيهقى فى الزهد، و لفظه: اَنَّ رَجُلاً قَالَ لِلنَّبِيِّ ص: أَيُّ اْلمُؤْمِنِيْنَ اَفْضَلُ؟ قَالَ: اَحْسَنُهُمْ خُلُقًا. قَالَ: فَاَيُّ اْلمُؤْمِنِيْن اَكْيَسُ؟ قَالَ: اَكْثَرُهُمْ لِلْمَوْتِ ذِكْرًا، وَ اَحْسَنُهُمْ لِمَا بَعْدَهُ اِسْتِعْدَادًا، اُولئِكَ اْلاَكْيَاسُ
Dari Ibnu ‘Umar RA ia berkata : Saya datang kepada Nabi SAW, kami serombongan sebanyak sepuluh orang. Kemudian ada seorang laki-laki Anshar bertanya, “Wahai Nabiyallah, siapa orang yang paling cerdas dan paling teguh diantara manusia ?”. Nabi SAW bersabda, “Orang yang paling banyak mengingat mati diantara mereka dan orang yang paling banyak mempersiapkan bekal untuk mati. Mereka itulah orang-orang yang cerdas, mereka pergi dengan membawa kemulyaan dunia dan kemulyaan akhirat”.
[HR. Ibnu Abid-Dunya di dalam kitabul-Maut. Thabrani di dalam Ash-Shaghir]
Jangan jadi orang yang lemah lagi bodoh ataupun bergaul dengannya. Siapa orang yg bodoh itu: Rasul bersabda:
الْكَيِّسُ مَنْ دَانَ نَفْسَهُ وَعَمِلَ لِمَا بَعْدَ الْمَوْتِ وَالْعَاجِزُ مَنْ أَتْبَعَ نَفْسَهُ هَوَاهَا وَتَمَنَّى عَلَى اللَّهِ
“Orang yang cerdas adalah mereka yang mampu menahan hawa nafsunya dan beramal (berbekal) untuk kehidupan setelah mati. Orang yang bodoh adalah mereka yang mengumbar hawa nafsunya dan berangan-angan kepada Allah (diampuni dosa-dosanya).” (HR. At-Tirmidzi)
[HR. at-Tirmidzi]
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رض قَالَ: اَتَيْتُ النَّبِيَّ ص عَاشِرَ عَشْرَةٍ فَقَامَ رَجُلٌ مِنَ اْلاَنْصَارِ فَقَالَ: يَا نَبِيَّ اللهِ، مَنْ اَكْيَسُ النَّاسِ وَ اَحْزَمُ النَّاسِ؟ قَالَ: اَكْثَرُهُمْ ذِكْرًا لِلْمَوْتِ، وَ اَكْثَرُهُمْ اِسْتِعْدَادًا لِلْمَوْتِ، اُولئِكَ اْلاَكْيَاسُ ذَهَبُوْا بِشَرَفِ الدُّنْيَا وَ كَرَامَةِ اْلآخِرَةِ. ابن ابى الدنيا فى كتاب الموت و التطبرانى فى الصغير باسناد حسن، و البيهقى فى الزهد، و لفظه: اَنَّ رَجُلاً قَالَ لِلنَّبِيِّ ص: أَيُّ اْلمُؤْمِنِيْنَ اَفْضَلُ؟ قَالَ: اَحْسَنُهُمْ خُلُقًا. قَالَ: فَاَيُّ اْلمُؤْمِنِيْن اَكْيَسُ؟ قَالَ: اَكْثَرُهُمْ لِلْمَوْتِ ذِكْرًا، وَ اَحْسَنُهُمْ لِمَا بَعْدَهُ اِسْتِعْدَادًا، اُولئِكَ اْلاَكْيَاسُ
Dari Ibnu ‘Umar RA ia berkata : Saya datang kepada Nabi SAW, kami serombongan sebanyak sepuluh orang. Kemudian ada seorang laki-laki Anshar bertanya, “Wahai Nabiyallah, siapa orang yang paling cerdas dan paling teguh diantara manusia ?”. Nabi SAW bersabda, “Orang yang paling banyak mengingat mati diantara mereka dan orang yang paling banyak mempersiapkan bekal untuk mati. Mereka itulah orang-orang yang cerdas, mereka pergi dengan membawa kemulyaan dunia dan kemulyaan akhirat”.
[HR. Ibnu Abid-Dunya di dalam kitabul-Maut. Thabrani di dalam Ash-Shaghir]
Jangan jadi orang yang lemah lagi bodoh ataupun bergaul dengannya. Siapa orang yg bodoh itu: Rasul bersabda:
الْكَيِّسُ مَنْ دَانَ نَفْسَهُ وَعَمِلَ لِمَا بَعْدَ الْمَوْتِ وَالْعَاجِزُ مَنْ أَتْبَعَ نَفْسَهُ هَوَاهَا وَتَمَنَّى عَلَى اللَّهِ
“Orang yang cerdas adalah mereka yang mampu menahan hawa nafsunya dan beramal (berbekal) untuk kehidupan setelah mati. Orang yang bodoh adalah mereka yang mengumbar hawa nafsunya dan berangan-angan kepada Allah (diampuni dosa-dosanya).” (HR. At-Tirmidzi)
[HR. at-Tirmidzi]
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رض قَالَ: اَتَيْتُ النَّبِيَّ ص عَاشِرَ عَشْرَةٍ فَقَامَ رَجُلٌ مِنَ اْلاَنْصَارِ فَقَالَ: يَا نَبِيَّ اللهِ، مَنْ اَكْيَسُ النَّاسِ وَ اَحْزَمُ النَّاسِ؟ قَالَ: اَكْثَرُهُمْ ذِكْرًا لِلْمَوْتِ، وَ اَكْثَرُهُمْ اِسْتِعْدَادًا لِلْمَوْتِ، اُولئِكَ اْلاَكْيَاسُ ذَهَبُوْا بِشَرَفِ الدُّنْيَا وَ كَرَامَةِ اْلآخِرَةِ. ابن ابى الدنيا فى كتاب الموت و التطبرانى فى الصغير باسناد حسن، و البيهقى فى الزهد، و لفظه: اَنَّ رَجُلاً قَالَ لِلنَّبِيِّ ص: أَيُّ اْلمُؤْمِنِيْنَ اَفْضَلُ؟ قَالَ: اَحْسَنُهُمْ خُلُقًا. قَالَ: فَاَيُّ اْلمُؤْمِنِيْن اَكْيَسُ؟ قَالَ: اَكْثَرُهُمْ لِلْمَوْتِ ذِكْرًا، وَ اَحْسَنُهُمْ لِمَا بَعْدَهُ اِسْتِعْدَادًا، اُولئِكَ اْلاَكْيَاسُ
Dari Ibnu ‘Umar RA ia berkata : Saya datang kepada Nabi SAW, kami serombongan sebanyak sepuluh orang. Kemudian ada seorang laki-laki Anshar bertanya, “Wahai Nabiyallah, siapa orang yang paling cerdas dan paling teguh diantara manusia ?”. Nabi SAW bersabda, “Orang yang paling banyak mengingat mati diantara mereka dan orang yang paling banyak mempersiapkan bekal untuk mati. Mereka itulah orang-orang yang cerdas, mereka pergi dengan membawa kemulyaan dunia dan kemulyaan akhirat”.
[HR. Ibnu Abid-Dunya di dalam kitabul-Maut. Thabrani di dalam Ash-Shaghir]
Jangan jadi orang yang lemah lagi bodoh ataupun bergaul dengannya. Siapa orang yg bodoh itu: Rasul bersabda:
الْكَيِّسُ مَنْ دَانَ نَفْسَهُ وَعَمِلَ لِمَا بَعْدَ الْمَوْتِ وَالْعَاجِزُ مَنْ أَتْبَعَ نَفْسَهُ هَوَاهَا وَتَمَنَّى عَلَى اللَّهِ
“Orang yang cerdas adalah mereka yang mampu menahan hawa nafsunya dan beramal (berbekal) untuk kehidupan setelah mati. Orang yang bodoh adalah mereka yang mengumbar hawa nafsunya dan berangan-angan kepada Allah (diampuni dosa-dosanya).” (HR. At-Tirmidzi)
[HR. at-Tirmidzi]عَنِ ابْنِ عُمَرَ رض قَالَ: اَتَيْتُ النَّبِيَّ ص عَاشِرَ عَشْرَةٍ فَقَامَ رَجُلٌ مِنَ اْلاَنْصَارِ فَقَالَ: يَا نَبِيَّ اللهِ، مَنْ اَكْيَسُ النَّاسِ وَ اَحْزَمُ النَّاسِ؟ قَالَ: اَكْثَرُهُمْ ذِكْرًا لِلْمَوْتِ، وَ اَكْثَرُهُمْ اِسْتِعْدَادًا لِلْمَوْتِ، اُولئِكَ اْلاَكْيَاسُ ذَهَبُوْا بِشَرَفِ الدُّنْيَا وَ كَرَامَةِ اْلآخِرَةِ. ابن ابى الدنيا فى كتاب الموت و التطبرانى فى الصغير باسناد حسن، و البيهقى فى الزهد، و لفظه: اَنَّ رَجُلاً قَالَ لِلنَّبِيِّ ص: أَيُّ اْلمُؤْمِنِيْنَ اَفْضَلُ؟ قَالَ: اَحْسَنُهُمْ خُلُقًا. قَالَ: فَاَيُّ اْلمُؤْمِنِيْن اَكْيَسُ؟ قَالَ: اَكْثَرُهُمْ لِلْمَوْتِ ذِكْرًا، وَ اَحْسَنُهُمْ لِمَا بَعْدَهُ اِسْتِعْدَادًا، اُولئِكَ اْلاَكْيَاسُDari Ibnu ‘Umar RA ia berkata : Saya datang kepada Nabi SAW, kami serombongan sebanyak sepuluh orang. Kemudian ada seorang laki-laki Anshar bertanya, “Wahai Nabiyallah, siapa orang yang paling cerdas dan paling teguh diantara manusia ?”. Nabi SAW bersabda, “Orang yang paling banyak mengingat mati diantara mereka dan orang yang paling banyak mempersiapkan bekal untuk mati. Mereka itulah orang-orang yang cerdas, mereka pergi dengan membawa kemulyaan dunia dan kemulyaan akhirat”.[HR. Ibnu Abid-Dunya di dalam kitabul-Maut. Thabrani di dalam Ash-Shaghir]Jangan jadi orang yang lemah lagi bodoh ataupun bergaul dengannya. Siapa orang yg bodoh itu: Rasul bersabda:الْكَيِّسُ مَنْ دَانَ نَفْسَهُ وَعَمِلَ لِمَا بَعْدَ الْمَوْتِ وَالْعَاجِزُ مَنْ أَتْبَعَ نَفْسَهُ هَوَاهَا وَتَمَنَّى عَلَى اللَّهِ“Orang yang cerdas adalah mereka yang mampu menahan hawa nafsunya dan beramal (berbekal) untuk kehidupan setelah mati. Orang yang bodoh adalah mereka yang mengumbar hawa nafsunya dan berangan-angan kepada Allah (diampuni dosa-dosanya).” (HR. At-Tirmidzi)[HR. at-Tirmidzi]عَنِ ابْنِ عُمَرَ رض قَالَ: اَتَيْتُ النَّبِيَّ ص عَاشِرَ عَشْرَةٍ فَقَامَ رَجُلٌ مِنَ اْلاَنْصَارِ فَقَالَ: يَا نَبِيَّ اللهِ، مَنْ اَكْيَسُ النَّاسِ وَ اَحْزَمُ النَّاسِ؟ قَالَ: اَكْثَرُهُمْ ذِكْرًا لِلْمَوْتِ، وَ اَكْثَرُهُمْ اِسْتِعْدَادًا لِلْمَوْتِ، اُولئِكَ اْلاَكْيَاسُ ذَهَبُوْا بِشَرَفِ الدُّنْيَا وَ كَرَامَةِ اْلآخِرَةِ. ابن ابى الدنيا فى كتاب الموت و التطبرانى فى الصغير باسناد حسن، و البيهقى فى الزهد، و لفظه: اَنَّ رَجُلاً قَالَ لِلنَّبِيِّ ص: أَيُّ اْلمُؤْمِنِيْنَ اَفْضَلُ؟ قَالَ: اَحْسَنُهُمْ خُلُقًا. قَالَ: فَاَيُّ اْلمُؤْمِنِيْن اَكْيَسُ؟ قَالَ: اَكْثَرُهُمْ لِلْمَوْتِ ذِكْرًا، وَ اَحْسَنُهُمْ لِمَا بَعْدَهُ اِسْتِعْدَادًا، اُولئِكَ اْلاَكْيَاسُDari Ibnu ‘Umar RA ia berkata : Saya datang kepada Nabi SAW, kami serombongan sebanyak sepuluh orang. Kemudian ada seorang laki-laki Anshar bertanya, “Wahai Nabiyallah, siapa orang yang paling cerdas dan paling teguh diantara manusia ?”. Nabi SAW bersabda, “Orang yang paling banyak mengingat mati diantara mereka dan orang yang paling banyak mempersiapkan bekal untuk mati. Mereka itulah orang-orang yang cerdas, mereka pergi dengan membawa kemulyaan dunia dan kemulyaan akhirat”.[HR. Ibnu Abid-Dunya di dalam kitabul-Maut. Thabrani di dalam Ash-Shaghir]Jangan jadi orang yang lemah lagi bodoh ataupun bergaul dengannya. Siapa orang yg bodoh itu: Rasul bersabda:الْكَيِّسُ مَنْ دَانَ نَفْسَهُ وَعَمِلَ لِمَا بَعْدَ الْمَوْتِ وَالْعَاجِزُ مَنْ أَتْبَعَ نَفْسَهُ هَوَاهَا وَتَمَنَّى عَلَى اللَّهِ“Orang yang cerdas adalah mereka yang mampu menahan hawa nafsunya dan beramal (berbekal) untuk kehidupan setelah mati. Orang yang bodoh adalah mereka yang mengumbar hawa nafsunya dan berangan-angan kepada Allah (diampuni dosa-dosanya).” (HR. At-Tirmidzi)[HR. at-Tirmidzi]عَنِ ابْنِ عُمَرَ رض قَالَ: اَتَيْتُ النَّبِيَّ ص عَاشِرَ عَشْرَةٍ فَقَامَ رَجُلٌ مِنَ اْلاَنْصَارِ فَقَالَ: يَا نَبِيَّ اللهِ، مَنْ اَكْيَسُ النَّاسِ وَ اَحْزَمُ النَّاسِ؟ قَالَ: اَكْثَرُهُمْ ذِكْرًا لِلْمَوْتِ، وَ اَكْثَرُهُمْ اِسْتِعْدَادًا لِلْمَوْتِ، اُولئِكَ اْلاَكْيَاسُ ذَهَبُوْا بِشَرَفِ الدُّنْيَا وَ كَرَامَةِ اْلآخِرَةِ. ابن ابى الدنيا فى كتاب الموت و التطبرانى فى الصغير باسناد حسن، و البيهقى فى الزهد، و لفظه: اَنَّ رَجُلاً قَالَ لِلنَّبِيِّ ص: أَيُّ اْلمُؤْمِنِيْنَ اَفْضَلُ؟ قَالَ: اَحْسَنُهُمْ خُلُقًا. قَالَ: فَاَيُّ اْلمُؤْمِنِيْن اَكْيَسُ؟ قَالَ: اَكْثَرُهُمْ لِلْمَوْتِ ذِكْرًا، وَ اَحْسَنُهُمْ لِمَا بَعْدَهُ اِسْتِعْدَادًا، اُولئِكَ اْلاَكْيَاسُDari Ibnu ‘Umar RA ia berkata : Saya datang kepada Nabi SAW, kami serombongan sebanyak sepuluh orang. Kemudian ada seorang laki-laki Anshar bertanya, “Wahai Nabiyallah, siapa orang yang paling cerdas dan paling teguh diantara manusia ?”. Nabi SAW bersabda, “Orang yang paling banyak mengingat mati diantara mereka dan orang yang paling banyak mempersiapkan bekal untuk mati. Mereka itulah orang-orang yang cerdas, mereka pergi dengan membawa kemulyaan dunia dan kemulyaan akhirat”.[HR. Ibnu Abid-Dunya di dalam kitabul-Maut. Thabrani di dalam Ash-Shaghir]Jangan jadi orang yang lemah lagi bodoh ataupun bergaul dengannya. Siapa orang yg bodoh itu: Rasul bersabda:الْكَيِّسُ مَنْ دَانَ نَفْسَهُ وَعَمِلَ لِمَا بَعْدَ الْمَوْتِ وَالْعَاجِزُ مَنْ أَتْبَعَ نَفْسَهُ هَوَاهَا وَتَمَنَّى عَلَى اللَّهِ“Orang yang cerdas adalah mereka yang mampu menahan hawa nafsunya dan beramal (berbekal) untuk kehidupan setelah mati. Orang yang bodoh adalah mereka yang mengumbar hawa nafsunya dan berangan-angan kepada Allah (diampuni dosa-dosanya).” (HR. At-Tirmidzi)------------Assalamu'alaikuum gus ,saya mau bertanya ....:??seluruh arti dalam Al Quran artinya ada di surat Al fatihah,seluruh arti dalam surat Al fatehah ada di Bismillah,Dan seluruh artri dalam Bismillah itu ada di lafazd BA (bha')___yang saya tanyakan : APA ARTI LAFAZD BHA' ITU.........??Jelasin dengan ilmu tauhidnya dengan Nahwunya apa maksud dengan bha' itu,,,,,??wessalammualaikum Gus.........................keterangan itu banyak di mukaddimah kitab syarah fikih. al. ianab sbb:وروي أن الكتب المنزلة من السماء إلى الارض مائة وأربعة، أنزل على شيث ستون، وعلى إبراهيم ثلاثون، وعلى موسى قبل التوراة عشرة، والتوراة والانجيل والزبور والفرقان.وأن معاني كل الكتب مجموعة في القرآن، ومعانيه مجموعة في الفاتحة ولهذا سميت أم الكتاب ومعانيها مجموعة في البسملة، ومعانيها
مجموعة في بائها، ومعناها: بي كان ما كان، وبي يكون ما يكون.
والمراد الجمع ولو إجمالا، بطريق الايماء وإنما جمعت الفاتحة جميع معاني القرآن، لان كل ما فيه من الحمد والشكر والثناء فهو مندرج تحت قوله الحمد لله، وكل ما فيه من الخلائق فهو تحت كلمة رب العالمين، وكل ما فيه من الرحمة والعطاء فهو تحت كلمة الرحمن، وكل ما فيه من ذكر العفو والمغفرة فهو تحت كلمة الرحيم، وكل ما فيه من أوصاف القيامة فهو تحت كلمة مالك يوم الدين، وكل ما فيه من بيان الهداية والدعاء والثبات على الاسلام فهو تحت كلمة إهدنا الصراط المستقيم، وكل ما فيه من بيان صفات الصالحين فهو تحت كلمة صراط الذين أنعمت عليهم، وكل ما فيه من الغضب فهو تحت كلمة غير المغضوب عليهم، وكل ما فيه من ذكر الاهواء والبدع فهو تحت كلمة ولا الضالين.
ووجه بعضهم كون معاني البسملة في الباء، بأن المقصود من كل العلوم وصول العبد إلى الرب، وهذه الباء لما فيها من معنى الالصاق تلصق العبد بجناب الرب.
زاد بعضهم: ومعاني الباء في نقطتها، ومعناها: أنا نقطة
الوجود، المستمد مني كل موجود.
وروي عنه عليه الصلاة والسلام أنه قال: البسملة فاتحة كل كتاب وفي رواية: بسم الله الرحمن الرحيم مفتاح كل كتاب.
مجموعة في بائها، ومعناها: بي كان ما كان، وبي يكون ما يكون.والمراد الجمع ولو إجمالا، بطريق الايماء وإنما جمعت الفاتحة جميع معاني القرآن، لان كل ما فيه من الحمد والشكر والثناء فهو مندرج تحت قوله الحمد لله، وكل ما فيه من الخلائق فهو تحت كلمة رب العالمين، وكل ما فيه من الرحمة والعطاء فهو تحت كلمة الرحمن، وكل ما فيه من ذكر العفو والمغفرة فهو تحت كلمة الرحيم، وكل ما فيه من أوصاف القيامة فهو تحت كلمة مالك يوم الدين، وكل ما فيه من بيان الهداية والدعاء والثبات على الاسلام فهو تحت كلمة إهدنا الصراط المستقيم، وكل ما فيه من بيان صفات الصالحين فهو تحت كلمة صراط الذين أنعمت عليهم، وكل ما فيه من الغضب فهو تحت كلمة غير المغضوب عليهم، وكل ما فيه من ذكر الاهواء والبدع فهو تحت كلمة ولا الضالين.ووجه بعضهم كون معاني البسملة في الباء، بأن المقصود من كل العلوم وصول العبد إلى الرب، وهذه الباء لما فيها من معنى الالصاق تلصق العبد بجناب الرب.زاد بعضهم: ومعاني الباء في نقطتها، ومعناها: أنا نقطةالوجود، المستمد مني كل موجود.وروي عنه عليه الصلاة والسلام أنه قال: البسملة فاتحة كل كتاب وفي رواية: بسم الله الرحمن الرحيم مفتاح كل كتاب.مجموعة في بائها، ومعناها: بي كان ما كان، وبي يكون ما يكون.والمراد الجمع ولو إجمالا، بطريق الايماء وإنما جمعت الفاتحة جميع معاني القرآن، لان كل ما فيه من الحمد والشكر والثناء فهو مندرج تحت قوله الحمد لله، وكل ما فيه من الخلائق فهو تحت كلمة رب العالمين، وكل ما فيه من الرحمة والعطاء فهو تحت كلمة الرحمن، وكل ما فيه من ذكر العفو والمغفرة فهو تحت كلمة الرحيم، وكل ما فيه من أوصاف القيامة فهو تحت كلمة مالك يوم الدين، وكل ما فيه من بيان الهداية والدعاء والثبات على الاسلام فهو تحت كلمة إهدنا الصراط المستقيم، وكل ما فيه من بيان صفات الصالحين فهو تحت كلمة صراط الذين أنعمت عليهم، وكل ما فيه من الغضب فهو تحت كلمة غير المغضوب عليهم، وكل ما فيه من ذكر الاهواء والبدع فهو تحت كلمة ولا الضالين.ووجه بعضهم كون معاني البسملة في الباء، بأن المقصود من كل العلوم وصول العبد إلى الرب، وهذه الباء لما فيها من معنى الالصاق تلصق العبد بجناب الرب.زاد بعضهم: ومعاني الباء في نقطتها، ومعناها: أنا نقطةالوجود، المستمد مني كل موجود.وروي عنه عليه الصلاة والسلام أنه قال: البسملة فاتحة كل كتاب وفي رواية: بسم الله الرحمن الرحيم مفتاح كل كتاب.مجموعة في بائها، ومعناها: بي كان ما كان، وبي يكون ما يكون.والمراد الجمع ولو إجمالا، بطريق الايماء وإنما جمعت الفاتحة جميع معاني القرآن، لان كل ما فيه من الحمد والشكر والثناء فهو مندرج تحت قوله الحمد لله، وكل ما فيه من الخلائق فهو تحت كلمة رب العالمين، وكل ما فيه من الرحمة والعطاء فهو تحت كلمة الرحمن، وكل ما فيه من ذكر العفو والمغفرة فهو تحت كلمة الرحيم، وكل ما فيه من أوصاف القيامة فهو تحت كلمة مالك يوم الدين، وكل ما فيه من بيان الهداية والدعاء والثبات على الاسلام فهو تحت كلمة إهدنا الصراط المستقيم، وكل ما فيه من بيان صفات الصالحين فهو تحت كلمة صراط الذين أنعمت عليهم، وكل ما فيه من الغضب فهو تحت كلمة غير المغضوب عليهم، وكل ما فيه من ذكر الاهواء والبدع فهو تحت كلمة ولا الضالين.ووجه بعضهم كون معاني البسملة في الباء، بأن المقصود من كل العلوم وصول العبد إلى الرب، وهذه الباء لما فيها من معنى الالصاق تلصق العبد بجناب الرب.زاد بعضهم: ومعاني الباء في نقطتها، ومعناها: أنا نقطةالوجود، المستمد مني كل موجود.وروي عنه عليه الصلاة والسلام أنه قال: البسملة فاتحة كل كتاب وفي رواية: بسم الله الرحمن الرحيم مفتاح كل كتاب.مجموعة في بائها، ومعناها: بي كان ما كان، وبي يكون ما يكون.والمراد الجمع ولو إجمالا، بطريق الايماء وإنما جمعت الفاتحة جميع معاني القرآن، لان كل ما فيه من الحمد والشكر والثناء فهو مندرج تحت قوله الحمد لله، وكل ما فيه من الخلائق فهو تحت كلمة رب العالمين، وكل ما فيه من الرحمة والعطاء فهو تحت كلمة الرحمن، وكل ما فيه من ذكر العفو والمغفرة فهو تحت كلمة الرحيم، وكل ما فيه من أوصاف القيامة فهو تحت كلمة مالك يوم الدين، وكل ما فيه من بيان الهداية والدعاء والثبات على الاسلام فهو تحت كلمة إهدنا الصراط المستقيم، وكل ما فيه من بيان صفات الصالحين فهو تحت كلمة صراط الذين أنعمت عليهم، وكل ما فيه من الغضب فهو تحت كلمة غير المغضوب عليهم، وكل ما فيه من ذكر الاهواء والبدع فهو تحت كلمة ولا الضالين.ووجه بعضهم كون معاني البسملة في الباء، بأن المقصود من كل العلوم وصول العبد إلى الرب، وهذه الباء لما فيها من معنى الالصاق تلصق العبد بجناب الرب.زاد بعضهم: ومعاني الباء في نقطتها، ومعناها: أنا نقطةالوجود، المستمد مني كل موجود.وروي عنه عليه الصلاة والسلام أنه قال: البسملة فاتحة كل كتاب وفي رواية: بسم الله الرحمن الرحيم مفتاح كل كتاب.مجموعة في بائها، ومعناها: بي كان ما كان، وبي يكون ما يكون.والمراد الجمع ولو إجمالا، بطريق الايماء وإنما جمعت الفاتحة جميع معاني القرآن، لان كل ما فيه من الحمد والشكر والثناء فهو مندرج تحت قوله الحمد لله، وكل ما فيه من الخلائق فهو تحت كلمة رب العالمين، وكل ما فيه من الرحمة والعطاء فهو تحت كلمة الرحمن، وكل ما فيه من ذكر العفو والمغفرة فهو تحت كلمة الرحيم، وكل ما فيه من أوصاف القيامة فهو تحت كلمة مالك يوم الدين، وكل ما فيه من بيان الهداية والدعاء والثبات على الاسلام فهو تحت كلمة إهدنا الصراط المستقيم، وكل ما فيه من بيان صفات الصالحين فهو تحت كلمة صراط الذين أنعمت عليهم، وكل ما فيه من الغضب فهو تحت كلمة غير المغضوب عليهم، وكل ما فيه من ذكر الاهواء والبدع فهو تحت كلمة ولا الضالين.ووجه بعضهم كون معاني البسملة في الباء، بأن المقصود من كل العلوم وصول العبد إلى الرب، وهذه الباء لما فيها من معنى الالصاق تلصق العبد بجناب الرب.زاد بعضهم: ومعاني الباء في نقطتها، ومعناها: أنا نقطةالوجود، المستمد مني كل موجود.وروي عنه عليه الصلاة والسلام أنه قال: البسملة فاتحة كل كتاب وفي رواية: بسم الله الرحمن الرحيم مفتاح كل كتاب.مجموعة في بائها، ومعناها: بي كان ما كان، وبي يكون ما يكون.والمراد الجمع ولو إجمالا، بطريق الايماء وإنما جمعت الفاتحة جميع معاني القرآن، لان كل ما فيه من الحمد والشكر والثناء فهو مندرج تحت قوله الحمد لله، وكل ما فيه من الخلائق فهو تحت كلمة رب العالمين، وكل ما فيه من الرحمة والعطاء فهو تحت كلمة الرحمن، وكل ما فيه من ذكر العفو والمغفرة فهو تحت كلمة الرحيم، وكل ما فيه من أوصاف القيامة فهو تحت كلمة مالك يوم الدين، وكل ما فيه من بيان الهداية والدعاء والثبات على الاسلام فهو تحت كلمة إهدنا الصراط المستقيم، وكل ما فيه من بيان صفات الصالحين فهو تحت كلمة صراط الذين أنعمت عليهم، وكل ما فيه من الغضب فهو تحت كلمة غير المغضوب عليهم، وكل ما فيه من ذكر الاهواء والبدع فهو تحت كلمة ولا الضالين.ووجه بعضهم كون معاني البسملة في الباء، بأن المقصود من كل العلوم وصول العبد إلى الرب، وهذه الباء لما فيها من معنى الالصاق تلصق العبد بجناب الرب.زاد بعضهم: ومعاني الباء في نقطتها، ومعناها: أنا نقطةالوجود، المستمد مني كل موجود.وروي عنه عليه الصلاة والسلام أنه قال: البسملة فاتحة كل كتاب وفي رواية: بسم الله الرحمن الرحيم مفتاح كل كتاب.


ba' itu sec. nahwu adalah huruf jar yg berfaidah ilshoq yang artinya bertemu. sedangkan ilshaq dalam tauhid berarti semuanya akan kembali dan bertemu Allah....masih ada lanjutannya dalam keterangan diatas

------------Assalamu'alaikuum gus ,Selamat pagi .Mau tanya apakah Rasulullah ktka menikah / menikahkan putra-inya / menikahkan sahabat2nya beliau menggunakan hari2 tertentu / menghindarkan hari2 tertentu?Karena yg brkembang skr adl kepercayaan ktka menikah hrs mencari hari yg baik & menghindari hari2 trtentu ..ws...pagiiiImam Ibn Hajar Al-Haitami dalam Fatawa Al-Hadistiyyah : jika ada orang mempercayai adanya hari nahas (sial) dengan tujuan mengharuskan untuk berpaling darinya atau menghindarkan suatu pekerjaan pada hari tersebut dan menganggapnya terdapat kesialan, maka sesungguhnya yang demikian ini termasuk tradisi kaum Yahudi dan bukan sunnah kaum muslimin yang selalu tawakkal kepada Allah dan tidak berprasangka buruk terhadap Allah. 

Sedangkan jika ada riwayat, yang menyebutkan tentang hari yang harus dihindari karena mengandung kesialan, maka riwayat tersebut adalah batil, tidak benar, mengandung kebohongan dan tidak mempunyai sandaran dalil yang jelas, untuk itu jauhilah riwayat seperti ini.

jadi jelas...tiada hari yang sial karena semua hari adalah milik Allah..

Sedangkan jika ada riwayat, yang menyebutkan tentang hari yang harus dihindari karena mengandung kesialan, maka riwayat tersebut adalah batil, tidak benar, mengandung kebohongan dan tidak mempunyai sandaran dalil yang jelas, untuk itu jauhilah riwayat seperti ini.
jadi jelas...tiada hari yang sial karena semua hari adalah milik Allah..Sedangkan jika ada riwayat, yang menyebutkan tentang hari yang harus dihindari karena mengandung kesialan, maka riwayat tersebut adalah batil, tidak benar, mengandung kebohongan dan tidak mempunyai sandaran dalil yang jelas, untuk itu jauhilah riwayat seperti ini.jadi jelas...tiada hari yang sial karena semua hari adalah milik Allah..Sedangkan jika ada riwayat, yang menyebutkan tentang hari yang harus dihindari karena mengandung kesialan, maka riwayat tersebut adalah batil, tidak benar, mengandung kebohongan dan tidak mempunyai sandaran dalil yang jelas, untuk itu jauhilah riwayat seperti ini.jadi jelas...tiada hari yang sial karena semua hari adalah milik Allah..Sedangkan jika ada riwayat, yang menyebutkan tentang hari yang harus dihindari karena mengandung kesialan, maka riwayat tersebut adalah batil, tidak benar, mengandung kebohongan dan tidak mempunyai sandaran dalil yang jelas, untuk itu jauhilah riwayat seperti ini.jadi jelas...tiada hari yang sial karena semua hari adalah milik Allah..Sedangkan jika ada riwayat, yang menyebutkan tentang hari yang harus dihindari karena mengandung kesialan, maka riwayat tersebut adalah batil, tidak benar, mengandung kebohongan dan tidak mempunyai sandaran dalil yang jelas, untuk itu jauhilah riwayat seperti ini.jadi jelas...tiada hari yang sial karena semua hari adalah milik Allah..Sedangkan jika ada riwayat, yang menyebutkan tentang hari yang harus dihindari karena mengandung kesialan, maka riwayat tersebut adalah batil, tidak benar, mengandung kebohongan dan tidak mempunyai sandaran dalil yang jelas, untuk itu jauhilah riwayat seperti ini.jadi jelas...tiada hari yang sial karena semua hari adalah milik Allah..-----------almurtadlo> ada seorang pria/wanita pengantin baru tatkala bertemu dengan teman2 akrabnya ia menceritakan perihal malam pertama bersama pasangannya. tidakkah ia tahu bahwa hal ini adalah dilarang oleh syariat?Nabi saw bersabda:«إِنَّ مِنْ أَشَرِّ النَّاسِ عِنْدَ اللَّهِ مَنْزِلَةً يَوْمَ الْقِيَامَةِ الرَّجُلَ يُفْضِي إِلَى امْرَأَتِهِ وَتُفْضِي إِلَيْهِ ثُمَّ يَنْشُرُ سِرَّهَا»Sesungguhnya man

usia yang paling jelek kedudukannya di sisi Allah pada Hari Kiamat ialah seseorang yang menyetubuhi istrinya dan istri bersetubuh dengan suaminya, kemudian suami menyebarkan rahasia istrinya (HR Muslim)
Dengan keras Nabi saw. menggambarkan mereka seperti setan:
«هَلْ تَدْرُونَ مَا مَثَلُ ذَلِكَ فَقَالَ إِنَّمَا مَثَلُ ذَلِكَ مَثَلُ شَيْطَانَةٍ لَقِيَتْ شَيْطَانًا فِي السِّكَّةِ فَقَضَى مِنْهَا حَاجَتَهُ وَالنَّاسُ يَنْظُرُونَ إِلَيْهِ»
“Tahukah apa permisalan seperti itu?” Kemudian beliau berkata, “Sesungguhnya permisalan hal tersebut adalah seperti setan wanita yang bertemu dengan setan laki-laki di sebuah gang, kemudian setan laki-laki tersebut menunaikan hajatnya (bersetubuh) dengan setan perempuan, sementara orang-orang melihat kepadanya.” (HR Abu Dawud)
wal iyadu billaaaah....
Dengan keras Nabi saw. menggambarkan mereka seperti setan:
«هَلْ تَدْرُونَ مَا مَثَلُ ذَلِكَ فَقَالَ إِنَّمَا مَثَلُ ذَلِكَ مَثَلُ شَيْطَانَةٍ لَقِيَتْ شَيْطَانًا فِي السِّكَّةِ فَقَضَى مِنْهَا حَاجَتَهُ وَالنَّاسُ يَنْظُرُونَ إِلَيْهِ»
“Tahukah apa permisalan seperti itu?” Kemudian beliau berkata, “Sesungguhnya permisalan hal tersebut adalah seperti setan wanita yang bertemu dengan setan laki-laki di sebuah gang, kemudian setan laki-laki tersebut menunaikan hajatnya (bersetubuh) dengan setan perempuan, sementara orang-orang melihat kepadanya.” (HR Abu Dawud)
wal iyadu billaaaah....
Dengan keras Nabi saw. menggambarkan mereka seperti setan:
«هَلْ تَدْرُونَ مَا مَثَلُ ذَلِكَ فَقَالَ إِنَّمَا مَثَلُ ذَلِكَ مَثَلُ شَيْطَانَةٍ لَقِيَتْ شَيْطَانًا فِي السِّكَّةِ فَقَضَى مِنْهَا حَاجَتَهُ وَالنَّاسُ يَنْظُرُونَ إِلَيْهِ»
“Tahukah apa permisalan seperti itu?” Kemudian beliau berkata, “Sesungguhnya permisalan hal tersebut adalah seperti setan wanita yang bertemu dengan setan laki-laki di sebuah gang, kemudian setan laki-laki tersebut menunaikan hajatnya (bersetubuh) dengan setan perempuan, sementara orang-orang melihat kepadanya.” (HR Abu Dawud)
wal iyadu billaaaah....
Dengan keras Nabi saw. menggambarkan mereka seperti setan:
«هَلْ تَدْرُونَ مَا مَثَلُ ذَلِكَ فَقَالَ إِنَّمَا مَثَلُ ذَلِكَ مَثَلُ شَيْطَانَةٍ لَقِيَتْ شَيْطَانًا فِي السِّكَّةِ فَقَضَى مِنْهَا حَاجَتَهُ وَالنَّاسُ يَنْظُرُونَ إِلَيْهِ»
“Tahukah apa permisalan seperti itu?” Kemudian beliau berkata, “Sesungguhnya permisalan hal tersebut adalah seperti setan wanita yang bertemu dengan setan laki-laki di sebuah gang, kemudian setan laki-laki tersebut menunaikan hajatnya (bersetubuh) dengan setan perempuan, sementara orang-orang melihat kepadanya.” (HR Abu Dawud)
wal iyadu billaaaah....
Dengan keras Nabi saw. menggambarkan mereka seperti setan:«هَلْ تَدْرُونَ مَا مَثَلُ ذَلِكَ فَقَالَ إِنَّمَا مَثَلُ ذَلِكَ مَثَلُ شَيْطَانَةٍ لَقِيَتْ شَيْطَانًا فِي السِّكَّةِ فَقَضَى مِنْهَا حَاجَتَهُ وَالنَّاسُ يَنْظُرُونَ إِلَيْهِ»“Tahukah apa permisalan seperti itu?” Kemudian beliau berkata, “Sesungguhnya permisalan hal tersebut adalah seperti setan wanita yang bertemu dengan setan laki-laki di sebuah gang, kemudian setan laki-laki tersebut menunaikan hajatnya (bersetubuh) dengan setan perempuan, sementara orang-orang melihat kepadanya.” (HR Abu Dawud)
wal iyadu billaaaah....
Dengan keras Nabi saw. menggambarkan mereka seperti setan:«هَلْ تَدْرُونَ مَا مَثَلُ ذَلِكَ فَقَالَ إِنَّمَا مَثَلُ ذَلِكَ مَثَلُ شَيْطَانَةٍ لَقِيَتْ شَيْطَانًا فِي السِّكَّةِ فَقَضَى مِنْهَا حَاجَتَهُ وَالنَّاسُ يَنْظُرُونَ إِلَيْهِ»“Tahukah apa permisalan seperti itu?” Kemudian beliau berkata, “Sesungguhnya permisalan hal tersebut adalah seperti setan wanita yang bertemu dengan setan laki-laki di sebuah gang, kemudian setan laki-laki tersebut menunaikan hajatnya (bersetubuh) dengan setan perempuan, sementara orang-orang melihat kepadanya.” (HR Abu Dawud)wal iyadu billaaaah....Dengan keras Nabi saw. menggambarkan mereka seperti setan:«هَلْ تَدْرُونَ مَا مَثَلُ ذَلِكَ فَقَالَ إِنَّمَا مَثَلُ ذَلِكَ مَثَلُ شَيْطَانَةٍ لَقِيَتْ شَيْطَانًا فِي السِّكَّةِ فَقَضَى مِنْهَا حَاجَتَهُ وَالنَّاسُ يَنْظُرُونَ إِلَيْهِ»“Tahukah apa permisalan seperti itu?” Kemudian beliau berkata, “Sesungguhnya permisalan hal tersebut adalah seperti setan wanita yang bertemu dengan setan laki-laki di sebuah gang, kemudian setan laki-laki tersebut menunaikan hajatnya (bersetubuh) dengan setan perempuan, sementara orang-orang melihat kepadanya.” (HR Abu Dawud)wal iyadu billaaaah....-------------assalamualaikum.gus-apakah.jodoh.it.merupakan.seseorang.yg.qt.sukai-ataukah.seseorang.yg.akan.qt.sukai/cintai....mhn.jwbnya.trimakasihWs. KIta tidak tahu jodoh kita sebenarnya, Hanya Allah yang maha tau. Boleh jadi jodoh itu seperti yg anda katakan...tidak / belum di sukai. Tapi itu tenyata yg terbaik buat kita..Allah Ta’ala berfirman,وَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ
“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 216)
Maka mintalah pentunjujNya, lakukan solat istikharah. Rasul : “Jika salah seorang di antara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukanlah shalat dua raka’at yang bukan shalat wajib, kemudian berdoalah…”. (HR. Al-Bukhari)
Semoga anda segera mendapatkan jodoh....
“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 216)Maka mintalah pentunjujNya, lakukan solat istikharah. Rasul : “Jika salah seorang di antara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukanlah shalat dua raka’at yang bukan shalat wajib, kemudian berdoalah…”. (HR. Al-Bukhari)Semoga anda segera mendapatkan jodoh....“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 216)Maka mintalah pentunjujNya, lakukan solat istikharah. Rasul : “Jika salah seorang di antara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukanlah shalat dua raka’at yang bukan shalat wajib, kemudian berdoalah…”. (HR. Al-Bukhari)Semoga anda segera mendapatkan jodoh....“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 216)Maka mintalah pentunjujNya, lakukan solat istikharah. Rasul : “Jika salah seorang di antara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukanlah shalat dua raka’at yang bukan shalat wajib, kemudian berdoalah…”. (HR. Al-Bukhari)Semoga anda segera mendapatkan jodoh....“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 216)Maka mintalah pentunjujNya, lakukan solat istikharah. Rasul : “Jika salah seorang di antara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukanlah shalat dua raka’at yang bukan shalat wajib, kemudian berdoalah…”. (HR. Al-Bukhari)Semoga anda segera mendapatkan jodoh....“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 216)Maka mintalah pentunjujNya, lakukan solat istikharah. Rasul : “Jika salah seorang di antara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukanlah shalat dua raka’at yang bukan shalat wajib, kemudian berdoalah…”. (HR. Al-Bukhari)Semoga anda segera mendapatkan jodoh....----------almurtadlo> Keberkahan keluar dari Tangan Nabi yang Mulia....Seorang laki-laki sempurna dan para sahabatnya dalam perjalanan melewati rumah seorang perempuan bernama Ummu Ma'bad. Rumah itu terletak di padang pasir dan jauh dari perkampungan. Karena lapar dan haus, salah seorang sahabatnya datang menemui Ummu Ma`bad untuk membeli daging, kurma, dan susu. Tapi perempuan itu bilang tidak mempunyai m
akanan dan susu yang dibutuhkan mereka. Mendengar itu, laki-laki sempurna yang berada tak jauh dari depan rumah Ummu Ma`bad langsung menunjuk kambing kurus yang berbaring di pojok.

"Apakah ada susu padanya?" tanya Rasulullah saw. "Ia lemah, tidak ada susunya," jawab Ummu Ma`bad.

"Apakah engkau mengizinkan aku bila memerah susunya?" pinta Rasulullah saw.

"Kalau saja aku tahu kambing itu mempunyai air susu, sudah pasti kupersembahkan untukmu," jawab Ummu Ma`bad.

Beliau mendekat ke arah kambing dan meletakkan tangannya pada bagian perutnya sambil menyerukan nama Allah, berdoa untuk perempuan itu dan kambingnya. Ajaib, kambing itu bangun dan pada putingnya mengalir susu. Beliau meminta wadah untuk menampung susu itu hingga penuh. Susu itu diberikannya kepada perempuan itu dan para sahabat agar diminum dan beliau sendiri minum paling akhir. Lalu, beliau memerah susu lagi sampai wadah itu penuh dan meninggalkannya untuk Ummu Ma`bad.

Setelah rombongan pergi, datanglah Abu Ma'bad, suami Ummu Ma`bad, dengan menuntun beberapa ekor kambing kurus. Setibanya di rumah, Abu Ma`bad terkejut melihat susu segar memenuhi wadah minum dan langsung bertanya, "Dari mana engkau mendapatkan susu ini? Bukankah kambing kita itu kering?"

"Benar, suamiku. Tadi seorang laki-laki mulia telah melewati tempat ini dan begini dan begitu hingga keluarlah susu dari kambing kita," jawab Ummu Ma`bad menjelaskan.

"Bagaimanakah sosoknya? Coba gambarkan penampilannya!" desaknya.

Meluncurlah kalimat dari Ummu Ma`bad, "Aku melihat seorang pria yang wajahnya putih cemerlang. Ia sopan. Tidak kurus dan tidak botak dan lemah lembut; matanya hitam legam dengan bulu mata melengkung, suaranya merdu dan lehernya bersinar, dan janggutnya tebal. Alis matanya melengkung indah. Ketika diam, kemuliaan tampak padanya dan saat bicara tampak berwibawa dan berilmu. Ia tampan dan bercahaya. Manis dan lembut bicaranya. Jika tidak salah, teman-temannya memanggilnya Rasulullah."

Setelah mendengar penjelasan itu, Abu Ma`bad langsung berujar, "Demi Allah, Dialah orang Quraisy yang terkenal itu."

Siapakah ia? Benar, beliau adalah Muhammad bin Abdullah utusan Allah yang terakhir. Sosok nabi dan rasul Allah yang tiada bandingannya dari semua nabi dan rasul serta umat manusia sepanjang sejarah.

"Apakah ada susu padanya?" tanya Rasulullah saw. "Ia lemah, tidak ada susunya," jawab Ummu Ma`bad.
"Apakah engkau mengizinkan aku bila memerah susunya?" pinta Rasulullah saw.
"Kalau saja aku tahu kambing itu mempunyai air susu, sudah pasti kupersembahkan untukmu," jawab Ummu Ma`bad.
Beliau mendekat ke arah kambing dan meletakkan tangannya pada bagian perutnya sambil menyerukan nama Allah, berdoa untuk perempuan itu dan kambingnya. Ajaib, kambing itu bangun dan pada putingnya mengalir susu. Beliau meminta wadah untuk menampung susu itu hingga penuh. Susu itu diberikannya kepada perempuan itu dan para sahabat agar diminum dan beliau sendiri minum paling akhir. Lalu, beliau memerah susu lagi sampai wadah itu penuh dan meninggalkannya untuk Ummu Ma`bad.
Setelah rombongan pergi, datanglah Abu Ma'bad, suami Ummu Ma`bad, dengan menuntun beberapa ekor kambing kurus. Setibanya di rumah, Abu Ma`bad terkejut melihat susu segar memenuhi wadah minum dan langsung bertanya, "Dari mana engkau mendapatkan susu ini? Bukankah kambing kita itu kering?"
"Benar, suamiku. Tadi seorang laki-laki mulia telah melewati tempat ini dan begini dan begitu hingga keluarlah susu dari kambing kita," jawab Ummu Ma`bad menjelaskan.
"Bagaimanakah sosoknya? Coba gambarkan penampilannya!" desaknya.
Meluncurlah kalimat dari Ummu Ma`bad, "Aku melihat seorang pria yang wajahnya putih cemerlang. Ia sopan. Tidak kurus dan tidak botak dan lemah lembut; matanya hitam legam dengan bulu mata melengkung, suaranya merdu dan lehernya bersinar, dan janggutnya tebal. Alis matanya melengkung indah. Ketika diam, kemuliaan tampak padanya dan saat bicara tampak berwibawa dan berilmu. Ia tampan dan bercahaya. Manis dan lembut bicaranya. Jika tidak salah, teman-temannya memanggilnya Rasulullah."
Setelah mendengar penjelasan itu, Abu Ma`bad langsung berujar, "Demi Allah, Dialah orang Quraisy yang terkenal itu."
Siapakah ia? Benar, beliau adalah Muhammad bin Abdullah utusan Allah yang terakhir. Sosok nabi dan rasul Allah yang tiada bandingannya dari semua nabi dan rasul serta umat manusia sepanjang sejarah.
"Apakah ada susu padanya?" tanya Rasulullah saw. "Ia lemah, tidak ada susunya," jawab Ummu Ma`bad.
"Apakah engkau mengizinkan aku bila memerah susunya?" pinta Rasulullah saw.
"Kalau saja aku tahu kambing itu mempunyai air susu, sudah pasti kupersembahkan untukmu," jawab Ummu Ma`bad.
Beliau mendekat ke arah kambing dan meletakkan tangannya pada bagian perutnya sambil menyerukan nama Allah, berdoa untuk perempuan itu dan kambingnya. Ajaib, kambing itu bangun dan pada putingnya mengalir susu. Beliau meminta wadah untuk menampung susu itu hingga penuh. Susu itu diberikannya kepada perempuan itu dan para sahabat agar diminum dan beliau sendiri minum paling akhir. Lalu, beliau memerah susu lagi sampai wadah itu penuh dan meninggalkannya untuk Ummu Ma`bad.
Setelah rombongan pergi, datanglah Abu Ma'bad, suami Ummu Ma`bad, dengan menuntun beberapa ekor kambing kurus. Setibanya di rumah, Abu Ma`bad terkejut melihat susu segar memenuhi wadah minum dan langsung bertanya, "Dari mana engkau mendapatkan susu ini? Bukankah kambing kita itu kering?"
"Benar, suamiku. Tadi seorang laki-laki mulia telah melewati tempat ini dan begini dan begitu hingga keluarlah susu dari kambing kita," jawab Ummu Ma`bad menjelaskan.
"Bagaimanakah sosoknya? Coba gambarkan penampilannya!" desaknya.
Meluncurlah kalimat dari Ummu Ma`bad, "Aku melihat seorang pria yang wajahnya putih cemerlang. Ia sopan. Tidak kurus dan tidak botak dan lemah lembut; matanya hitam legam dengan bulu mata melengkung, suaranya merdu dan lehernya bersinar, dan janggutnya tebal. Alis matanya melengkung indah. Ketika diam, kemuliaan tampak padanya dan saat bicara tampak berwibawa dan berilmu. Ia tampan dan bercahaya. Manis dan lembut bicaranya. Jika tidak salah, teman-temannya memanggilnya Rasulullah."
Setelah mendengar penjelasan itu, Abu Ma`bad langsung berujar, "Demi Allah, Dialah orang Quraisy yang terkenal itu."
Siapakah ia? Benar, beliau adalah Muhammad bin Abdullah utusan Allah yang terakhir. Sosok nabi dan rasul Allah yang tiada bandingannya dari semua nabi dan rasul serta umat manusia sepanjang sejarah.
"Apakah ada susu padanya?" tanya Rasulullah saw. "Ia lemah, tidak ada susunya," jawab Ummu Ma`bad.
"Apakah engkau mengizinkan aku bila memerah susunya?" pinta Rasulullah saw.
"Kalau saja aku tahu kambing itu mempunyai air susu, sudah pasti kupersembahkan untukmu," jawab Ummu Ma`bad.
Beliau mendekat ke arah kambing dan meletakkan tangannya pada bagian perutnya sambil menyerukan nama Allah, berdoa untuk perempuan itu dan kambingnya. Ajaib, kambing itu bangun dan pada putingnya mengalir susu. Beliau meminta wadah untuk menampung susu itu hingga penuh. Susu itu diberikannya kepada perempuan itu dan para sahabat agar diminum dan beliau sendiri minum paling akhir. Lalu, beliau memerah susu lagi sampai wadah itu penuh dan meninggalkannya untuk Ummu Ma`bad.
Setelah rombongan pergi, datanglah Abu Ma'bad, suami Ummu Ma`bad, dengan menuntun beberapa ekor kambing kurus. Setibanya di rumah, Abu Ma`bad terkejut melihat susu segar memenuhi wadah minum dan langsung bertanya, "Dari mana engkau mendapatkan susu ini? Bukankah kambing kita itu kering?"
"Benar, suamiku. Tadi seorang laki-laki mulia telah melewati tempat ini dan begini dan begitu hingga keluarlah susu dari kambing kita," jawab Ummu Ma`bad menjelaskan.
"Bagaimanakah sosoknya? Coba gambarkan penampilannya!" desaknya.
Meluncurlah kalimat dari Ummu Ma`bad, "Aku melihat seorang pria yang wajahnya putih cemerlang. Ia sopan. Tidak kurus dan tidak botak dan lemah lembut; matanya hitam legam dengan bulu mata melengkung, suaranya merdu dan lehernya bersinar, dan janggutnya tebal. Alis matanya melengkung indah. Ketika diam, kemuliaan tampak padanya dan saat bicara tampak berwibawa dan berilmu. Ia tampan dan bercahaya. Manis dan lembut bicaranya. Jika tidak salah, teman-temannya memanggilnya Rasulullah."
Setelah mendengar penjelasan itu, Abu Ma`bad langsung berujar, "Demi Allah, Dialah orang Quraisy yang terkenal itu."
Siapakah ia? Benar, beliau adalah Muhammad bin Abdullah utusan Allah yang terakhir. Sosok nabi dan rasul Allah yang tiada bandingannya dari semua nabi dan rasul serta umat manusia sepanjang sejarah.
"Apakah ada susu padanya?" tanya Rasulullah saw. "Ia lemah, tidak ada susunya," jawab Ummu Ma`bad."Apakah engkau mengizinkan aku bila memerah susunya?" pinta Rasulullah saw.
"Kalau saja aku tahu kambing itu mempunyai air susu, sudah pasti kupersembahkan untukmu," jawab Ummu Ma`bad.
Beliau mendekat ke arah kambing dan meletakkan tangannya pada bagian perutnya sambil menyerukan nama Allah, berdoa untuk perempuan itu dan kambingnya. Ajaib, kambing itu bangun dan pada putingnya mengalir susu. Beliau meminta wadah untuk menampung susu itu hingga penuh. Susu itu diberikannya kepada perempuan itu dan para sahabat agar diminum dan beliau sendiri minum paling akhir. Lalu, beliau memerah susu lagi sampai wadah itu penuh dan meninggalkannya untuk Ummu Ma`bad.
Setelah rombongan pergi, datanglah Abu Ma'bad, suami Ummu Ma`bad, dengan menuntun beberapa ekor kambing kurus. Setibanya di rumah, Abu Ma`bad terkejut melihat susu segar memenuhi wadah minum dan langsung bertanya, "Dari mana engkau mendapatkan susu ini? Bukankah kambing kita itu kering?"
"Benar, suamiku. Tadi seorang laki-laki mulia telah melewati tempat ini dan begini dan begitu hingga keluarlah susu dari kambing kita," jawab Ummu Ma`bad menjelaskan.
"Bagaimanakah sosoknya? Coba gambarkan penampilannya!" desaknya.
Meluncurlah kalimat dari Ummu Ma`bad, "Aku melihat seorang pria yang wajahnya putih cemerlang. Ia sopan. Tidak kurus dan tidak botak dan lemah lembut; matanya hitam legam dengan bulu mata melengkung, suaranya merdu dan lehernya bersinar, dan janggutnya tebal. Alis matanya melengkung indah. Ketika diam, kemuliaan tampak padanya dan saat bicara tampak berwibawa dan berilmu. Ia tampan dan bercahaya. Manis dan lembut bicaranya. Jika tidak salah, teman-temannya memanggilnya Rasulullah."
Setelah mendengar penjelasan itu, Abu Ma`bad langsung berujar, "Demi Allah, Dialah orang Quraisy yang terkenal itu."
Siapakah ia? Benar, beliau adalah Muhammad bin Abdullah utusan Allah yang terakhir. Sosok nabi dan rasul Allah yang tiada bandingannya dari semua nabi dan rasul serta umat manusia sepanjang sejarah.
"Apakah ada susu padanya?" tanya Rasulullah saw. "Ia lemah, tidak ada susunya," jawab Ummu Ma`bad."Apakah engkau mengizinkan aku bila memerah susunya?" pinta Rasulullah saw."Kalau saja aku tahu kambing itu mempunyai air susu, sudah pasti kupersembahkan untukmu," jawab Ummu Ma`bad.Beliau mendekat ke arah kambing dan meletakkan tangannya pada bagian perutnya sambil menyerukan nama Allah, berdoa untuk perempuan itu dan kambingnya. Ajaib, kambing itu bangun dan pada putingnya mengalir susu. Beliau meminta wadah untuk menampung susu itu hingga penuh. Susu itu diberikannya kepada perempuan itu dan para sahabat agar diminum dan beliau sendiri minum paling akhir. Lalu, beliau memerah susu lagi sampai wadah itu penuh dan meninggalkannya untuk Ummu Ma`bad.Setelah rombongan pergi, datanglah Abu Ma'bad, suami Ummu Ma`bad, dengan menuntun beberapa ekor kambing kurus. Setibanya di rumah, Abu Ma`bad terkejut melihat susu segar memenuhi wadah minum dan langsung bertanya, "Dari mana engkau mendapatkan susu ini? Bukankah kambing kita itu kering?""Benar, suamiku. Tadi seorang laki-laki mulia telah melewati tempat ini dan begini dan begitu hingga keluarlah susu dari kambing kita," jawab Ummu Ma`bad menjelaskan."Bagaimanakah sosoknya? Coba gambarkan penampilannya!" desaknya.Meluncurlah kalimat dari Ummu Ma`bad, "Aku melihat seorang pria yang wajahnya putih cemerlang. Ia sopan. Tidak kurus dan tidak botak dan lemah lembut; matanya hitam legam dengan bulu mata melengkung, suaranya merdu dan lehernya bersinar, dan janggutnya tebal. Alis matanya melengkung indah. Ketika diam, kemuliaan tampak padanya dan saat bicara tampak berwibawa dan berilmu. Ia tampan dan bercahaya. Manis dan lembut bicaranya. Jika tidak salah, teman-temannya memanggilnya Rasulullah."Setelah mendengar penjelasan itu, Abu Ma`bad langsung berujar, "Demi Allah, Dialah orang Quraisy yang terkenal itu."Siapakah ia? Benar, beliau adalah Muhammad bin Abdullah utusan Allah yang terakhir. Sosok nabi dan rasul Allah yang tiada bandingannya dari semua nabi dan rasul serta umat manusia sepanjang sejarah.“Demi Allah, kapanpun rasul Allah meludah, maka akan jatuh di tangan salah satu (teman-teman Nabi) yang akan menggosokkannya pada wajah dan kulitnya; jika ia menyuruh mereka maka mereka akan melakukannya” perintahnya dengan segera; jika ia melakukan pencucian, mereka akan berebut untuk mendapatkan air sisaan dari pembersihannya itu, dan ketika mereka berbicara padanya, mereka akan memelankan suara mereka dan tidak akan melihat wajahnya karena mereka menghormatinya.” Bukhari vol.3 Kitab 50 bag.13 no.891 hal.564-565.باب البزاق والمخاط ونحوه في الثوب قال عروة عن المسور ومروان خرج النبي صلى الله عليه وسلم زمن حديبية فذكر الحديث وما تنخم النبي صلى الله عليه وسلم نخامة إلا وقعت في كف رجل منهم فدلك بها وجهه وجلده-----almurtadlo> Umar Bin Abd Aziz : قال عمر بن عبد العزيز : التقي ملجم لا يستطيع كل ما يريدOrang yang bertaqwa itu dalam keadaan terkekang sebab ia tidak boleh melakukan semua yang dikehendaki (oleh nafsu) nyaJanganlah berprilaku seperti orang yang berprinsip "NURUTI KAREP" tapi lakukanlah segalanya dengan orientasi ukhrawi lillahi ta'ala niscaya akan lebih powerfull, the secret dan amazing....D
alam Mu'jam al-kabir, Rasul bersabda:
عن زيد بن ثابت ، قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : من كانت نيته الآخرة جمع الله له شمله ، وجعل غناه في قلبه ، وأتته الدنيا راغمة ، ومن كانت نيته الدنيا فرق الله عليه أمره ، وجعل فقره بين عينيه ، ولم يأته من الدنيا إلا ما كتب الله له .
Barangsiapa yang niatnya adalah akhirat, Allah akan menyatukan urusannya, memberinya kecukupan dalam hatinya, dan dunia akan mendatanginya sekalipun hatinya tidak menyukainya.
Barangsiapa yang niatnya adalah mencari dunia, Allah akan mencerai-beraikan urusannya,menjadikan kemiskinannya ada di depan matanya, dan dunia tidak akan mendatanginya kecuali yang telah ditentukan untuknya.

So, sahabat almutadlo yang baik....lakukan aktifitasmu sehari2 dengan niat menggapai ridlo Allah swt....Bila niat menanam rumput bakal mendapat rumput saja, jangan harap tumbuh padi, adapun niat menanam padi bakal mendapat padi dengan bonus rumput dan bahkan belut....sukses! sukses! sukses! sukses! sukses! sukses! Yess!
عن زيد بن ثابت ، قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : من كانت نيته الآخرة جمع الله له شمله ، وجعل غناه في قلبه ، وأتته الدنيا راغمة ، ومن كانت نيته الدنيا فرق الله عليه أمره ، وجعل فقره بين عينيه ، ولم يأته من الدنيا إلا ما كتب الله له .
Barangsiapa yang niatnya adalah akhirat, Allah akan menyatukan urusannya, memberinya kecukupan dalam hatinya, dan dunia akan mendatanginya sekalipun hatinya tidak menyukainya.
Barangsiapa yang niatnya adalah mencari dunia, Allah akan mencerai-beraikan urusannya,menjadikan kemiskinannya ada di depan matanya, dan dunia tidak akan mendatanginya kecuali yang telah ditentukan untuknya.
So, sahabat almutadlo yang baik....lakukan aktifitasmu sehari2 dengan niat menggapai ridlo Allah swt....Bila niat menanam rumput bakal mendapat rumput saja, jangan harap tumbuh padi, adapun niat menanam padi bakal mendapat padi dengan bonus rumput dan bahkan belut....sukses! sukses! sukses! sukses! sukses! sukses! Yess!
عن زيد بن ثابت ، قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : من كانت نيته الآخرة جمع الله له شمله ، وجعل غناه في قلبه ، وأتته الدنيا راغمة ، ومن كانت نيته الدنيا فرق الله عليه أمره ، وجعل فقره بين عينيه ، ولم يأته من الدنيا إلا ما كتب الله له .
Barangsiapa yang niatnya adalah akhirat, Allah akan menyatukan urusannya, memberinya kecukupan dalam hatinya, dan dunia akan mendatanginya sekalipun hatinya tidak menyukainya.
Barangsiapa yang niatnya adalah mencari dunia, Allah akan mencerai-beraikan urusannya,menjadikan kemiskinannya ada di depan matanya, dan dunia tidak akan mendatanginya kecuali yang telah ditentukan untuknya.
So, sahabat almutadlo yang baik....lakukan aktifitasmu sehari2 dengan niat menggapai ridlo Allah swt....Bila niat menanam rumput bakal mendapat rumput saja, jangan harap tumbuh padi, adapun niat menanam padi bakal mendapat padi dengan bonus rumput dan bahkan belut....sukses! sukses! sukses! sukses! sukses! sukses! Yess!
عن زيد بن ثابت ، قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : من كانت نيته الآخرة جمع الله له شمله ، وجعل غناه في قلبه ، وأتته الدنيا راغمة ، ومن كانت نيته الدنيا فرق الله عليه أمره ، وجعل فقره بين عينيه ، ولم يأته من الدنيا إلا ما كتب الله له .
Barangsiapa yang niatnya adalah akhirat, Allah akan menyatukan urusannya, memberinya kecukupan dalam hatinya, dan dunia akan mendatanginya sekalipun hatinya tidak menyukainya.
Barangsiapa yang niatnya adalah mencari dunia, Allah akan mencerai-beraikan urusannya,menjadikan kemiskinannya ada di depan matanya, dan dunia tidak akan mendatanginya kecuali yang telah ditentukan untuknya.
So, sahabat almutadlo yang baik....lakukan aktifitasmu sehari2 dengan niat menggapai ridlo Allah swt....Bila niat menanam rumput bakal mendapat rumput saja, jangan harap tumbuh padi, adapun niat menanam padi bakal mendapat padi dengan bonus rumput dan bahkan belut....sukses! sukses! sukses! sukses! sukses! sukses! Yess!
عن زيد بن ثابت ، قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : من كانت نيته الآخرة جمع الله له شمله ، وجعل غناه في قلبه ، وأتته الدنيا راغمة ، ومن كانت نيته الدنيا فرق الله عليه أمره ، وجعل فقره بين عينيه ، ولم يأته من الدنيا إلا ما كتب الله له .Barangsiapa yang niatnya adalah akhirat, Allah akan menyatukan urusannya, memberinya kecukupan dalam hatinya, dan dunia akan mendatanginya sekalipun hatinya tidak menyukainya. Barangsiapa yang niatnya adalah mencari dunia, Allah akan mencerai-beraikan urusannya,menjadikan kemiskinannya ada di depan matanya, dan dunia tidak akan mendatanginya kecuali yang telah ditentukan untuknya.So, sahabat almutadlo yang baik....lakukan aktifitasmu sehari2 dengan niat menggapai ridlo Allah swt....Bila niat menanam rumput bakal mendapat rumput saja, jangan harap tumbuh padi, adapun niat menanam padi bakal mendapat padi dengan bonus rumput dan bahkan belut....sukses! sukses! sukses! sukses! sukses! sukses! Yess!


Tidak ada komentar: