Kamis, 10 November 2011

Haruskah Memberitahu Pemberian itu Zakat?

Assalamualaikum...Saya seorang pedagang yang setiap tahunnya berkewajiban mengeluarkan zakat. Ada yg mau saya tanyakan: Apakah ketika saya memberi harta kepada fakir miskin (Mustahiq) harus memberitahu bahwa pemberian itu adalah zakat saya? Ataukah cukup saya niati dan menyampaikan harta zakat kepada yang berhak?. Terimakasih





Walekum salam...
Dalam menuaikan zakat tidaklah disyaratkan harus memberi tahu kepada penerima bahwa itu adalah zakat. Namun hal ini berlaku jika tidak ada hal-hal (situasi dan kondisi) yg memalingkan dari status zakat. Misalnya ada fakir miskin yg lagi punya gawe / mantu, kemudian anda memberikan sejumlah uang (yg diniati zakat itu) kepadanya ketika datang ke perkawinannya, maka itu tidak boleh.

Atau jika anda berikan kepada orang yang sekiranya ia tidak mau menerima zakat, maka anda haruslah menjelaskannya. mudah2an bisa dipahami

Begitu juga mengeluarkan pajak dengan niat zakat, maka ini terhitung sebagai shorif (Hal yg memalingkan dari zakat) sehingga menurut keterangan Tuhfatul Muhtaj III/351 tidak sah dan tidak mencukupi. Dalam hal ini memang ada yang membolehkan tapi menurut istilah kitab tuhfah : mereka itu adalah orang bodoh dan menyesatkan.

Referensi
وقولهم يجوز دفعها لمن لم يعلم أنها زكاة ؛ لأن العبرة بنية المالك محله عند عدم الصارف من الآخذ أما معه كأن قصد بالأخذ جهة أخرى(تحفة المحتاج في شرح المنهاج)
وقولهم يجوز دفعها لمن لا يعلم أنها زكاة، لان العبرة بنية المالك: محله عند عدم الصارف من الآخذ، أما معه - كأن قصد بالاخذ جهة أخرى - فلا،( إعانة الطالبين)
وأما إخباره بأنها زكاة: فإذا كان فقيراً وتعلمين أنه يقبل الزكاة فلا بأس أن تعطيه، ولو لم يعلم أنها زكاة، أما إذا علمت أنه لا يقبلها إذا كانت زكاة، ففي هذه الحال لا تعطيه شيئاً حتى تخبريه أنها زكاة. والله الموفق.(فتاوي)


( تنبيه ) أفتى شارح الإرشاد الكمال الرد إذ فيمن يعطي الإمام أو نائبه المكس بنية الزكاة فقال لا يجزئ ذلك أبدا ولا يبرأ عن الزكاة بل هي واجبة بحالها ؛ لأن الإمام إنما يأخذ ذلك منهم في مقابلة قيامه بسد الثغور وقمع القطاع والمتلصصين عنهم وعن أموالهم وقد أوقع جمع ممن ينسب إلى الفقهاء وهم باسم الجهل أحق
أهل الزكاة ورخصوا لهم في ذلك فضلوا وأضلوا ا هـ
.......
وعدم اشتراط علم المدفوع إليه بجهة الزكاة إنما هو إذا كان المستحق لبلوغ الحق محله وأما الإمام فلا بد في الإجزاء من علمه بجهة ما له عليه ولاية وإلا لكان المالك هو الجاني المقصر وإن أعلمه بها احتمل عدم الإجزاء أيضا واحتمل الإجزاء وهو الظاهر ا هـ ملخص
الكتاب : تحفة المحتاج في شرح المنهاج



Tidak ada komentar: