“Kaifiyatus
Shoum”
A. PENGERTIAN
PUASA
والصوم لغة الامساك وشرعا امساك عن مفطر بنية
مخصو صة جميع نهار ( فتح القريب )
Puasa menurut
“bahasa” adalah menahan. Sedangkan puasa menurut “istilah” adalah menahan diri
dari setiap perkara yang membatalkan puasa dengan niat yang telah ditentukan
secara spesifik, mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.
B. DASAR
DIWAJIBKANNYA PUASA
a. Dasar
Al Qur’an
ياايهاالذين امنوا كتب
عليكم الصيام كما كتب على الذين من قبلكم لعلكم تتقون اياما معدودات فمن كان منكم
مريضا اوعلى سفر فعدة من ايام اخر (سورة البقره اية 183)
Hai
orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan
atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (yaitu) dalam beberapa hari
yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kalian ada yang sakit atau dalam
perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa qodlo’) sebanyak
hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain.
b. Dasar
Hadist
قال صلى الله عليه وسلم: بني الاسلام على خمس
شهادة ان لا اله الا الله وان محمدا عبده ورسوله واقام الصلاة وايتاء الزكاة وحج
البيت وصوم رمضان. (الترغيب والترهيب ص 43)
Islam itu dibangun dengan 5 dasar :
syahadatain, mendirikan sholat, menunaikan zakat, haji ke baitullah, dan puasa Ramadlan”
C. DASAR
PENENTUAN AWAL RAMADLAN
صوموا لرؤيته وافطروا لرؤيته فان غمّ عليكم فأكملوا
عدة شعبان ثلاثين (رواه البيهقي)
“Puasalah kamu
ketika melihat hilal dan berbukalah ketika melihat hilal, apabila tertutupi
oleh mendung maka sempurnakanlah hitungan 30 hari Sya’ban”
D. KEUTAMAAN
BULAN RAMADLAN
a. Kebahagian
Menyambut Ramadlan
وعن النبي عليه الصلاة وسلام انه قال"من
فرح بدخول رمضان حرم الله جسده على النيران"
Nabi bersabda
“Barang siapa yang berbahagia dengan datangnya bulan ramadlan maka Allah
mengharamkan jasadnya dari sentuhan api neraka”
وعن ابن عباس رضي الله عنهما انه قال : سمعنا
رسول الله يقول : لو تعلم امتي ما في رمضان لتمنوا ان تكون السنة كلها رمضان لان
الحسنة فيه مجتمعة والطاعة مقبولة والدعوات مستحابة والذنوب مغفورة والجنة مشتاقة
لهم. (ذرة الناصحين,ص8)
Dari Ibnu Abbas
R.A : “Saya mendengar Rosullullah S.A.W bersabda : Jika sekiranya umatku
mengetahui kebaikan di bulan Ramadlan niscaya mereka mengharapkan agar supaya
sepanjang tahun itu menjadi bulan Ramadlan, karena semua kebaikan terkumpul di
bulan Ramadlan. Keta’atan diterima, do’a - do’a dikabulkan, semua dosa
diampuni, dan surga merindukan mereka.” {Zubdatul Wa’idzin}
b. Anugerah
Dua Cahaya
قال الله تعالى لموسى
عليه الصلاة والسلام : اني اعطيت امة محمد نورين كيلا يضرهم ظلمتان فقال موسى ما
النوران يارب ؟ فقال الله تعلى, نور رمضان ونور القران.فقال موسى وماالظامتان
يارب؟قال الله تعالى ظلمة القبر وظلمة يوم القيامة.(درة الواعظين)
Allah berfirman
: “Sesungguhnya Aku telah memberikan kepada umat Muhammad 2 cahaya, agar mereka
tidak ditimpa 2 bahaya kegelapan. Nabi Musa bertanya :”Apa 2 cahaya itu ya
Allah ?” Allah menjawab :”2 cahaya itu adalah cahaya bulan Ramadlan dan cahaya
Al Qur’an”, kemudian nabi musa bertanya lagi: “Lalu apakah 2 kegelapan itu Ya
Allah?”Allah menjawab: “Kegelapan kubur dan kegelapan hari kiamat”.
c. Terdapat
Malam Lailatul Qodar
قال الله تعالى : ليلة
القدر خير من الف شهر تنـزل الملائكة والروح فيها باذن ربهم من كل امر سلم هي مطلع
الفجر
Malam
Lailatul Qodar itu lebih baik dari 1000 bulan. Pada malam itu turun
malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala
urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar “
Jatuhnya
malam Lailatul Qodar menurut ijtihad Imam Ghozali bisa dilihat dari awal
ramadlan, sbb.:
Awal
Ramadlan
|
Malam
Lailatul Qodarnya:
|
Ahad
/ Rabu
|
Malam
29 Ramadlan
|
Senin
|
Malam
21 Ramadlan
|
Selasa
/ Jum’at
|
Malam
27 / 30 Ramadlan
|
Kamis
|
Malam
25 Ramadlan
|
Sabtu
|
Malam
23 Ramadlan
|
E. KEUTAMAAN
PUASA DIBULAN RAMADLAN
a. Dirindukan
surga
الجنة مشتاقة الى اربعة نفر, تالى القران,
وحافظ اللسان, ومطعم الجيعان والصائمين في شهر رمضان.
Nabi bersabda
:”Surga itu merindukan 4 golongan manusia, yaitu: mereka yang membaca Al
Qur’an,yang menjaga lisannya,yang mau memberi makan orang yang lapar dan mereka
yang berpuasa di bulan Ramadlan”
b. Pelebur
Dosa
قال صلى الله عليه وسلم
: من صام رمضان, وعرف حدوده وتحفظ ما ينبغى له ان يتحفظ كفر ما قبله (رواه ابن
جبان في صحيحه )
Barang siapa berpuasa di bulan Ramadlan dan mengetahui
ketentuan-ketentuannya, menjaga peri laku yang baik, meninggalkan perkara yang
tidak berfaedah, maka Allah akan mengampuni dosanya yang telah lalu.”
c. Keutamaan
yang khusus untuk ummat ini
Nabi SAW menyebutkan keutamaan puasa
di bulan Ramadlan yang tak pernah diberikan kepada siapapun sebelumnya dalam
salah satu haditsnya, di antaranya:
Ø Ketika
datang malam pertama di bulan Ramadlan, Allah melihat hamba-Nya dengan
pandangan kasih sayang, dan barang siapa di pandang Allah dengan pandangan
kasih sayang, maka Allah tidak akan menyiksanya selamanya.
Ø Allah
memerintahkan kepada malaikat untuk memintakan ampunan untuknya.
Ø Sesungguhnya
bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum menurut Allah di banding baunya
minyak misik.
Ø Allah
mengampuni seluruh dosa-dosanya
Hadits Qudsy:
الصوم لى وانا اجزي به. قال أبو الحسن: معنى قوله"وَأَنَا
أَجْزِى بِهِ" كل طاعة ثوابها الجنة، والصوم جزاؤه
لقائي، أنظر إليه وينظر إلىَّ، ويكلمني وأكلمه، بلا رسول ولا ترجمان
Artinya: ”Puasa adalah ibadah yang
menjadi milik Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya.” Abu al-Hasan: Hadits
qudsy tersebut bermakna bahwa setiap
ketaatan itu balasannya adalah surga. Adapun puasa balasannya adalah bertemu
dengan-Ku {Allah}, Aku akan memandangnya dan diapun memandang-Ku, dia dapat berbicara
pada-Ku dan Aku akan berbicara padanya tanpa perantara, tidak pula dengan
penerjemah.”
F. SYARAT
WAJIB PUASA
1. Islam
2. Mukallaf
( berakal, baligh )
3. Mampu
melakukan puasa
G.SYARAT
SAH PUASA
1. Islam
( tidak sah puasanya orang kafir atau murtad )
2. Berakal
( tidak sah puasanya anak kecil yang belum tamyiz dan orang gila )
3. Suci
dari haidl dan nifas tapi wajib qodlo’
H. FARDLU
PUASA
1.
نية لكل يوم ( niat pada tiap-tiap hari ), disyaratkan :
· تبييت ( berniat di malam hari )
· تعيين
( menentukan perkara yang di niati)
· اقل النية
( paling sedikitnya niat) :نويت صوم رمضان
· اكمال النية( niat yang sempurna ) :
نويت صوم غد عن اداء فرض شهر رمضان هذه السنة لله تعالى
2. Mencegah
diri dari makan dan minum
3. Mencegah
diri dari jima’
4.Mencegah dari menyengaja muntah
I. HAL-HAL
YANG MEMBATALKAN PUASA
1. جماع (jima’ dengan sengaja serta
mengethui akan
keharamannya dan atas kemauannya sendiri)
2. استمناع (mengeluarkan mani dengan sengaja)
3. استقاءة (Muntah dengan sengaja )
4. Memasukkan
sesuatu kejalan terus yang terbuka.
5. Haidl
6. Nifas
7. Gila
8. Murtad
J. KESUNNAHAN
DALAM PUASA
1. Mengakhirkan
sahur
2. Menyegerakan
berbuka (ta’jil). Yang lebih sempurna ta’jil dengan 3 biji kurma, jika tidak
ada bisa menggunakan air minum.
3. Berdoa
setelah ta’jil,dengan do’a :
اللهم لك صمت وبك امنت
وعلى رزقك افطرت برحمتك يا ارحم الراحمين
Disunnahkan pula bagi orang yang
berbuka menggunakan air minum, menambahkan do’a :
ذهب الظماء وابتلت العروق وثبت الاجر ان شاء الله
تعالى
4. Mandi
junub sebelum fajar bagi orang yang berhadas besar
5. Menjaga
diri dari syahwat (perkara yang di senangi, semisal: wangi-wangian)
6. Menjaga
lisan dari setiap perkara kotor, seperti ghibah, berbohong, memaki.
7. Memperbanyak
shodaqoh
8. Memperbanyak
membaca al-qur’an
9. Memperbanyak
beri’tikaf
10. Memberikan
kelebihan nafkah pada keluarga
11. Berbuat
baik kepada kerabat dan tetangga
K. KEMAKRUHAN
DALAM PUASA
1. Mengakhirkan
berbuka
2. Mandi
junub setelah fajar bagi orang yang berhadas besar
3. Bersiwak
setelah tergelincirnya matahari dan sebelum terbenamnya matahari
4. Bercelak
5. Meninggalkan
sunnah-sunnah puasa
L. SALAFIYAH
MENJAWAB
1. Niat
Sekali untuk Satu Bulan
Deskripsi
Masalah
Ramadlan telah
di depan mata, hal ini berarti kewajiban puasa pun telah tiba. Halsa, seorang
gadis desa yang agak malas untuk melakukan sahur, serta ia pun sering teledor
dalam melakukan niat, ia bermaksud berniat puasa satu kali untuk satu bulan
penuh pada awal malam bulan Ramadlan.
Pertanyaan :
a. Cukupkah
niat halsa yang hanya 1 kali untuk 1 bulan penuh?
b.
Jika tidak sah bagaimana solusinya?
Salafiyah menjawab :
a. Tidak
mencukupi kecuali untuk puasa hari pertama.
فلو نوى اول ليلة من
رمضان صوم جميعه لم يكف لغير اليوم الاول.
b. Seyogyanya
dia berniat di awal Ramadlan untuk puasa satu bulan (dengan taklid kepada
Imam Malik pada saat niat tersebut) dan setiap harinya tetap berniat, jika
suatu saat ia lupa berniat maka puasanya tetap sah dengan taqlid kepada Imam
Malik.
قال شيخنا لكن ينبغي
ذلك ليحصل له صوم اليوم الذي نسى النية فيه عند مالك ...وواضح أن محله: إن قلد، وإلا
كان متلبسا بعبادة فاسدة في اعتقاده
(فتح المعين)
أي
وهو حرام.
(وقوله:
إن قلد) أي الامام مالكا في النية أول ليلة من رمضان...(إعانة الطالبين)
2. Ragu-ragu
dalam Masalah Niat
Deskripsi Masalah
Setelah
menonton sepak bola, Savitri bangun kesiangan kemudian ia langsung berniat
puasa.
Pertanyaan :
a. Sahkah
niatnya, jika dia ragu-ragu apakah niat tersebut terjadi sebelum fajar atau
setelah fajar?
b. Sahkah
niatnya jika dia ragu-ragu apakah fajar telah muncul atau belum ketika ia
berniat?
Salafiyah
menjawab :
a. Tidak
sah, karena yang dii’tibar (di jadikan dasar hukum) adalah niat tidak terjadi
di malam hari, hal ini berdasarkan pada sebuah kaidah :
الاصل في كل حادث
تقديره بأقرب الزمان
[Asal
pada segala sesuatu yang baru mem-perkirakannya pada zaman yang terdekat]
قال شيخنا : ولو شك هل
وقعت نيته قبل الفجر او بعده ؟ لم تصح لأن الاصل عدم وقوعها ليلا.
b. Sah,karena
yang asal fajar belum muncul, hal ini di dasarkan pada kaidah :
الاصل العدم.
[Yang
asal itu tidak ada]
بخلاف ما لو نوى ثم شك,
هل طلع الفجر او لا ؟ لان الاصل عدم طلوعها.
3. Menelan
Ludah yang Ada pada Peluit
Deskripsi Masalah
HUT RI tahun
ini bertepatan di bulan Ramadlan, banyak acara yang digelar, salah satunya
adalah karenaval yang di meriahkan dengan drumband An-Nur. Sang mayorit merasa
bingung akan masalah ludah yang ada dipeluitnya.
Pertanyaan
:
Apakah batal
jika ia menelan ludah yang menempel pada peluit apabila peluit telah terlepas
dari mulutnya?
Salafiyah menjawab :
Hukumnya
tafsil, diperinci sebagi berikut:
1. Batal,
jika ludah dalam peluit itu bisa menetes
2. Tidak
batal, jika ludah dalam peluit tidak menetes semisal karena sedikit atau sudah
kering.
وبمن معدنه ما ان خرج
من الفم لا على لسانه ولو الى ظاهر الشفة ثم رده بلسانه وابتلعه او بلّ خيطا او
سواكا بريقه او بماء فرده الى فمه وعليه وطوبة تنفصل وابتعلها, فيفطر بخلاف ما
لولم يكن على الخيط ما ينفصل لقلته او لعصره او لجفافه فانه لا يضره. (فتح المعين)
4. Air
Masuk dalam “Lubang” Saat Mandi
Deskripsi Masalah
Di sebuah desa
terdapat sungai yang mana oleh para penduduk di gunakan untuk kebutuhan
sehari-hari. Semisal mencuci baju, mandi dan kebutuhan yang lain di saat
melaksanakan puasa di bulan Ramadlan. Ani salah satu penduduk desa tersebut
pergi ke sungai untuk melakukan mandi besar (janabat).
Pertanyaan :
a. Bagaimanakah
hukum puasa Ani, ketika dia mandi menyelam tanpa di sengaja air sungai masuk ke
dalam telinganya?
b. Bagaimana
jika Ani mandi dengan cara mengguyurkan air ke tubuhnya lalu tanpa sengaja air
sungai masuk ke telinganya?
c. Sejauh
mana batasan lubang yang terdapat dalam anggota tubuh yang apabila kemasukan
air dapat membatalkan puasa?
Salafiyah
menjawab :
a. Batal,
karena dia mandi dengan tidak hati-hati.
واذا اغتسل منغمسا فسبق
الماء الى باطن الاذن او الانف فانه يفطر ولو في الغسل الواجب لكراهة الانغماس
b. Tidak
batal, karena mandinya sudah menjadi tuntutan (diperintah syari’at) dilakukan
dengan berhati-hati.
فلو غسل اذنية في الجنابة فسبق الماء من احد هما لجوفه لم يفطر وان امكنه
امالة رأسه او الغسل قبل الفجر اذا كان اغتسل بلا انغماس (اعانة الطالبين)
c. Setiap
Lubang memiliki batasan tersendiri, dengan perincian sebagai berikut:
Hidung
: yaitu sampai melewati janur hidung. (Tempat
keluarnya makhroj ghunnah)
ولا يفطر بوصول شيء الى باطن قصبة انف حتى
يجاوز منتهى الخيشوم وهو اقصى الانف (فتح المعين)
Mulut
: yaitu sampai pangkal jakun
[kolomenjing bagi laki-laki (makhroj kho”) ]
قال في النهاية : ثم داخل الفم والانف الى منتهى الغلصمة والخيشوم
Farji : yaitu
anggota yang tidak wajib dibasuh ketika istinja’.
وهو
ما لا يجب غسله عنه الاستنجاء
Ihlil : yaitu semua hasyafah dan
puting.
[ihlil
adalah lubang puting susu bagi perempuan / lubang kemaluan bagi pria]
احليل
وهو مخرج بول ولبن وان لم يجاوز حشفة
Telinga : yaitu
sampai gendang telinga (tulang kepala)
نافذ
الى داخل قحف الرأس
5. Kasus
Gusi Berdarah
Deskripsi Masalah
Sewaktu puasa, Fikri
yang saat itu berada dalam kelas tiba-tiba gusinya mengeluarkan darah, sedangkan
ia merasa sungkan jika harus izin berkali-kali.
Pertanyaan :
a. Batalkah
jika Fikri menelan darah yang berasal dari gusinya tersebut?
b. Jika
tertelan batalkah puasanya? Jika Fikri termasuk orang yang gusinya terus
menerus mengeluarkan darah, apakah puasanya tetap batal?
Salafiyah
menjawab
a. Puasanya
batal,karena ludahnya sudah tercampur dengan darah.
وخرج بالطاهر المتنجس
بنحو دم لثته فيفطر بابتلاعه وان صفا ولم يبق فيه اثر مطلقا, لانه لما حرم ابتلاعه
لتنجسه صار بمنزلة عين اجنبية (فتح المعين)
b. Menurut
Ibnu Hajar al-Haitami puasanya tidak batal.
وخرج بمن مر (اي العامد
العالم المختار الناسي للصوم, والجاهل المعذور بتحريم ايصال شيء الى الباطن وبكونه
مفطرا (اعانة الطالبين)
قال شيخنا : ويظهر العفو عمن ابتلى بدم لثته
بحيث لا يمكنه الاحتراز عنه (فتح المعين)
6. Hukum
Puasa Manula
Deskripsi Masalah
Seorang kakek
berkeinginan untuk melakukan puasa di bulan Ramadlan, karena usianya yang kini
telah senja yang menyebabkan daya ingatnya menurun tak jarang tiap siang di
sepanjang bulan Ramadlan ia makan dan minum seperti hari-hari biasa,
seolah-olah ia tidak melakukan puasa.
Pertanyaan :
a. Bolehkah
kakek itu tidak puasa?
b. Jika
boleh, maka bagaimana jika suatu hari di bulan romadlon ia mampu melakukannya?
Salafiyah menjawab :
a. Boleh,
karena ia sudah tidak mampu akan tetapi dengan membayar fidyah (yaitu 1 mud :
675 Gram beras/hari) sebagai pengganti puasa yang ditinggalkannya.
b. Ia
tetap wajib puasa di hari-hari dimana ia mampu melakukannya.
بان صار شيخا هرما لا
يطيق الصوم في زمن من الازمان, والا لزمه ايقاعه فيما يطيقه فيه.
7. Pekerja
Berat
Deskripsi Masalah
Pak slamet
adalah seorang kuli bangunan, sebagai kepala keluarga ia harus menopang biaya
hidup seorang istri dan 3 orang anaknya. Tak bisa tidak ketika romadlon tiba ia
harus tetap mencari nafkah untuk keluarganya. Dalam keadaan berpuasa pak
selamet tetap bekerja membangun sebuah kamar tingkat di PP an nur 2. Saat siang
menjelang ia pun merasa mulai tak berdaya, namu n pekerjaan masih belum
selesai.
Pertanyaan :
a. Bolehkah
pak slamet membatalkan puasanya ?
b. Jika
boleh seberapa banyak pak slamet boleh makan ?
Salafiyah menjawab :
a. Boleh,
dengan syarat sebagai berikut :
1. Malam
hari wajib berniat puasa seperti biasa
2. Keesokan
harinya ia tetap berpuasa, nanti jika siang hari tidak mampu untuk m,elanjutkan
baru diperbolehkan membatalkan puasanya (mokel)
3. Wajib
qodlo’
انه يباح الفطر
للحصادين ومن ألـحق بهم لكن يجب عليهم تبييت النية واصبح صائما فان لحقه من صومه
مشقة بحيث تبيح التيمم افطر اي على الفور
ان فات بغير عذر (اعانة الطالبين)
b. Pak
slamet boleh makan hanya sekedar untuk memulihkan tenaganya saja. Hal ini
berdasarkan kaidah :
وما ابيح للضرورة يقدر
بقدرها (الاشباه والنظائر)
“Sesuatu yang
diperbolehkan karena darurat itu di ukur berdasarkan kadar daruratnya “
2 komentar:
شكرا استاذ جزاك الله خيرا
terima kasih gus.. sangat membantu dan bermanfaat جزاكم الله احسن الجزاء أمين٠٠٠
Posting Komentar