Selasa, 10 November 2009

Salah Paham mengenai Angka Arab

Pernah dengar istilah angka arab?

1. Ini pernah ditanyakan mahasiswa yang lagi persiapan nulis skripsi. dalam buku panduan disebutkan bahwa dalam penulisan angka harus menggunakan angka arab. Ia lantas bertanya: kalo kita nulisnya pake huruf latin masa angkanya masih tetap menggunakan arab?


2. ada yang salah sangka bahwa microsoft office keliru ketika numeral setting diisi arabic maka yang keluar adalah angka 1234 dst (org umum bilang ini angka latin)

Ternyata banyak yang gak tau bahwa Angka arab itu adalah angka yang biasa kita gunakan dalam matematika (1,2,3…0). Angka ini populer di dunia dan digunakan di banyak negara/benua dan konon angka yang kita pakai hari ini 1234 dst merupakan metamorfosa dari angka arab asli.

maka dari itu Microsoft Office mendefinifsikan Arabic numeral adalah angka yang umum digunakan di benua Amerika, Eropa dan sebagian negara Timur Tengah, dan ini yang umum digunakan di dunia (1,2,3…0). Hindi numeral adalah angka yang umum digunakan di India dan sebagian negara Timur Tengah atau kita neal sebagai angka dari huruf arab asli seperti nomor halaman mushaf al-quran.


Pengalaman pribadi, sempat ganti microsoft office 1997 padahal sebelumnya pakai mic offce 2007 karena dikira ga kompatibel angka-angka tersebut...

Jika anda bermasalah di komputer untuk menulis angka-angka huruf arab (nomor mushaf quran)
maka Untuk mengganti ke angka arab ikuti langkah berikut:
tools>
tools option>
complext script>
number > hindi (ganti dari yang sebelumnya arrabic)

i loveu full
smoga berguna...

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum wrwb. Minta tolong, bagaimana menulis angka arab di excel 2007, saya pakai windows xp. syukron kasir

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum wrwb. Minta tolong, bagaimana menulis angka arab di excel 2007, saya pakai windows xp. syukron kasir

Anonim mengatakan...

Walekum salam, kalo pake word bisa arab nggak?