Kamis, 13 Januari 2011

Karomah Ihya Ulumiddin

Seorang imam bernama Ibnu Hirzihim membaca magnum opusnya Imam Ghazali yang berjudul "Ihya' Ulumiddin", ia merasa risih dan tidak menyetujui sehurufpun dari apa yang dipaparkan Imam Ghazali. Terlebih kitab itu mengandung banyak hadits maudhu' sebagaimana pernyataan banyak orang, kecuali Imam Nawawi, seorang muhaddits termasyhur itu justru menegaskan bahwa Ihya' Ulumiddin hampir menjadi Qur'an !!

Walhasil, Imam Ibnu Hirzihim mengundang sejumlah ulama' setempat untuk bersama-sama membedah kitab Ihya' Ulumiddin karya Imam al-Ghazali Ra. -yang sudah lama meninggal dunia-. Hasil dari pembedahan itu melaporkan hal yang tidak jauh berbeda dari pendapat Imam Ibnu Hirzihim bahwa kitab itu penuh penyesatan dan khurafat. Para ulama' yang hadir (dipimpin Imam Ibnu Hirzihim) sepakat untuk mengumpulkan semua kitab Ihya' Ulumiddin dan membakarnya secara masal di hari Jum'at !!

cerita ini kiranya perlu saya kemukakan karena sekarang banyak yg menghujat imam ghazali dan karyanya terutama ihya ulumiddin dg harapan semoga dapat menjadi pelajaran yang cukup bahwa Allah Swt. sangat cemburu terhadap para kekasihNya. Allah tidak akan pernah membiarkan musuh-musuh auliya'Nya berceloteh sesuka nafsu mereka. Sungguh benar sabda Baginda: "Barang siapa memusuhi wali-wali Allah maka ia telah menantang peperangan dengan Allah". Dan dalam sebuah hadits qudsi, Allah sendiri berfirman: "Barang siapa berani memusuhi waliKu maka Aku akan mendeklarasikan bahwa ia patut diperangi" !!, Berikut lanjutan kisahnya:

Tepatnya, malam Jum'at, sebelum pembakaran masal Ihya' Ulumiddin dilangsungkan, Imam Ibnu Hirzihim bermimpi memasuki sebuah masjid dan menjumpai Imam Ghazali duduk menghadap Rasulullah, Saidina Abu Bakr dan Saidina Umar. Imam Ghazali saat itu mengadu kepada Rasulullah dan kedua sahabat mulia itu tentang persekusi total Imam Ibnu Hirzihim terhadap magnum opusnya. Imam Ghazali berjanji jika kitabnya sesat maka ia segera bertaubat, namun jika Imam Ibnu Hirzihim keliru, maka ia meminta haknya secara adil sebelum buku terampuhnya berubah menjadi abu.

هذا خصمي يا رسول الله فإن كان الأمر كما زعم تبت إلى الله، وإن كان شيئاً حصل لي من بركتك واتباع سنتك فخذ لي حقي من خصمي.

Rasulullah kemudian membaca kitab Ihya' Ulumiddin dari baris dan halaman pertama sampai titik terakhir. Selepas membacanya, beliau bersabda:
: والله إن هذا لشيء حسن
"Demi Allah, buku ini sungguh mulia". Selanjutnya Saidina Abu Bakr pun tertarik membacanya, setelah habis menelaahnya, beliau menanggapi: "Demi Allah yang mengutus Nabi Muhammad dengan benar, buku ini sungguh mulia". Lalu Saidina Umar pun turut membacanya seraya bersaksi:
: نعم والذي بعثك بالحق إنه لشيء حسن
"Demi Allah yang mengutus Nabi Muhammad dengan benar, buku ini sungguh mulia".

Mimpi Imam Ibnu Hirzihim ini benar-benar dahsyat dan unbelievable, Rasulullah Saw. kemudian memanggil Imam Ibnu Hirzihim (dalam mimpi) dan memerintahkannya untuk melepas baju agar dicambuk sampai kapok. Bersiap-siaplah Imam Ibnu Hirzihim menerima sangsi dari Rasul atas kelancangan dan kenekadannya memusuhi para kekasih Tuhan. Setelah cambukan yang kelima kalinya, Saidina Abu Bakr mencoba memohonkan ampun untuknya:
يا رسول الله لعله ظن فيه خلاف سنتك فأخطأ في ظنه
"Wahai Rasulullah, mungkin saja dia ingin membela sunnahmu tapi prediksinya salah". Imam Ghazali menyetujui usulan Saidina Abu Bakr dan Rasul pun -dengan rahmat beliau- memenuhi permohonan itu.

Akhirnya, Imam Ibnu Hirzihim terjaga dari tidurnya. Kebutan detak jantungnya semakin gila. Rasa gelisahnya semakin menjadi-jadi oleh apa yang ia saksikan dalam mimpinya. Dan yang lebih merindingkan bulu, luka-luka akibat cambukan Baginda nampak jelas di punggungnya. Darahnya masih mengalir menjeritkan hati dan perasaannya. Air matanya pun terjun membasahi tubuhnya. Tanpa berpikir pendek sekalipun, ia segera menceritakan apa yang ia alami kepada seluruh tokoh dan masyarakatnya. Ia bersaksi bahwa karya Imam Ghazali adalah kitab suci yang mulia. Jika ada yang belum mempercayai mimpinya, maka luka di punggungnya sebagai bukti paling nyata. Luka itupun terus menyakiti, dan rasa sakit itu terus menemani hingga berbulan-bulan lamanya !!

Imam Ibnu Hirzihim telah bertaubat. Ia sadar bahwa memusuhi auliya' adalah kriminal yang amat besar. Ia kembali mengkaji dan mengamalkan kitab Ihya' Ulumiddin serta mengajarkannya kepada khalayak umat. Selepas itu, Rasulullah tiba-tiba datang menjumpainya dan menghapus luka punggung dan hatinya, dan akhirnya ia bebas dari segala belenggu yang telah lama menghantui perasaannya.

Diakhir hayat beliau, diceritakan dg sanad yg shahih dari Syeikh Abu Hasan As-sadili bersaksi bahwa luka tersebut masih tampak jelas dipunggung Hirzihim ketika ia wafat. Beliau berkata :
ولقد مات الشيخ أبو الحسن ابن حرزهم يوم مات وأثر السياط ظاهر على ظهره

Demikian ceritera Syekh Abdul Qadir al-Idrus Ba Alawi dalam bukunya "Ta'rif al-Ahya' bi Fadha'il al-Ihya'".

1 komentar:

Anonim mengatakan...

maf mas saya orang bali , jgn sekali" anda mnyebut omed"an tu sebuah tradisi yang tidak baik , berfikir dlu sebelum buat blog ini , tradisi ada sebelum ada peraturan , ngerti ? apa pernah indo tercoreng cuma gara" omed"an ? hah?