Kamis, 26 Juli 2012

FILOSOFI AN-NUR 2 Al-MURTADLO

AN-NUR
1.       berarti cahaya ilmu (Al-Ilmu Nurun). Ponpes ini berikut semua santrinya diharapkan menjadi pelita yang cahayanya menerangi masyarakat sekitarnya, Ilmunya bermanfaat dan menjadi yang terbaik mengingat Khairun nas anfa’uhum lin nas.
2.       berarti cahaya berupa Al-Quran. Pengasuh mewajibkan santrinya membaca, mengkaji dan mengamalkan al-quran tiap hari bahkan sebagian santri diperintahkan membacanya dengan jadwal bacaan seminggu hatam.
3.       berarti nama surat yang ke 24 dalam al-Quran yang memuat keimanan, hukum-hukum, cerita, hikmah dll. Diharapkan santri memiliki keimanan yang kuat, taat hukum dan mengambil hikmah dari cerita-cerita baik yang didengar, dibaca maupun yang disaksikan.
4.     
  AN-NUR adalah singkatan dari Anwar nur, nama ayah pengasuh. Hal ini memberikan pelajaran kepada santri akan pentingnya berbakti kepada orangtua mengingat keridloan Allah bergantung kepada keridloan orang tua dan kemurkaan Allah bergantung kepada kemurkaan orang tua. Betapapun santri memiliki kelebihan dari orang tua maka ia tetaplah wajib memuliakannya. Untuk itu, Semua santri dibekali kajian kitab Birrul Walidayn.


2 (DUA)
Berarti dua sisi, santri diharapkan memperhatikan secara proporsional dua unsur yaitu jasmani dan rohani, dhahir dan bathin Urusan dunia Urusan akhirat, “kanan” dan “kiri” sehingga semua urusannya menjadi yang terbaik. Khoirul umur awsatuha.

Al-MURTADLO
berarti yang diridloi Allah SWT. Usaha apapun yang dilakukan oleh santri hendaknya bertujuan akhir menggapai ridlo-Nya, sebab sia-sialah semua amalan kalau tidak diridloi oleh Allah SWT. Semoga kita semua menggapai ridlo-Nya.

Tulisan ini terdapat pada cover belakang BUKU TULIS AN-NUR 2

Tidak ada komentar: